Tanya Dokter

  • Kulit dan mata berwarna kuning sejak 2 bulan yang lalu

  •  Andri Pratama
    Anggota

    Malam dok, kulit dan mata saya sejak 2 bulan yang lalu menjadi berwarna kuning. tadi saya sudah melakukan tes Hbsag, sgot dan sgpt dan hasil hbsag nya negatif dan juga sgot & sgptnya juga normal. Tapi kulit saya masih kuning sampai sekarang. Kemungkinan penyakit apa yang saya derita dok?

    Andri Pratama  Andri Pratama
    Anggota

    Oh iya dok, waktu umur 8 tahun, saya pernah tinggal di papua dan terkena malaria tropika/falciparum. Saat berumur 18 tahun, saya pindah ke Jakarta dan sudah 3 tahun berturut-turut saya tinggal di Jakarta. Umur saya sekarang 21 tahun. Apakah penyakit kuning ini ada hubungannya dengan malaria yang pernah saya derita dok?

    Hai Andri,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Sakit kuning (jaundice), yakni suatu kondisi dimana kulit dan mata menjadi kekuningan, bisa terjadi karena kelainan pre hepatic (gangguan pada sel darah merah yang mengalami penguraian terlalu cepat sehingga bilirubin meningkat dan gagal dimetabolisme), intra hepatic (gangguan pada sel hati yang memproses bilirubin), atau post hepatic (gangguan pada saluran empedu yang semestinya memindahkan bilirubin ke saluran pencernaan).

    Malaria bisa menjadi salah satu pencetus sakit kuning pre hepatic. Sakit kuning pada penderita malaria bisa disebabkan oleh hemolisis (pemecahan sel darah merah), diseminated intravascular coagulation (pembekuan di dalam pembuluh darah), atau juga karena kerusakan sel hati (malarial hepatitis). Kondisi ini lebih rentan terjadi pada mereka yang mengalami malaria falsiparum dibandingkan dengan malaria jenis lainnya.

    Di samping itu, bisa juga keluhan yang Anda alami timbul akibat kondisi lain, di antaranya:

    • Pre hepatic, misalnya anemia sel sabit, thalasemia, sferositosis herediter, defisiensi enzim glukosa 6 fosfat dehidrogenase
    • Intra hepatic, misalnya karena intoksikasi alkohol, hepatitis, sirosis, leptospirosis, kanker hati, perlemakan hati
    • Post hepatic, misalnya karena kolangitis, pankreatitis, batu empedu, kanker pankreas, kanker saluran atau kantung empedu, dan sebagainya

    Tidak hanya pemeriksaan fungsi hati yang diperlukan untuk mengidentifikasi penyebab sakit kuning yang Anda derita. Melainkan, mungkin juga perlu dilakukan pemeriksaan kadar bilirubin, tumor marker, tes urin, USG, endoskopi, biopsi sel hati, dan berbagai tes penunjang lain sebelum menentukan penanganan yang tepat. Sebab itu, sebaiknya Anda memeriksakan kembali kondisi Anda ke dokter spesialis penyakit dalam ya.. Beri tahu juga pada dokter Anda terkait riwayat penyakit yang Anda derita sebelumnya, supaya beliau bisa menentukan tatalaksana terbaik sesuai dengan kondisi Anda.

    Penanganan sakit kuning nantinya akan disesuaikan dengan penyebab penyakitnya. Bila murni keluhan Anda terjadi berkaitan dengan malaria yang Anda alami sebelumnya, maka penanganan bisa dokter berikan melalui pemberian obat anti malaria dan beberapa obat lainnya untuk meningkatkan daya tahan tubuh serta disesuaikan dengan keluhan yang Anda alami. Sementara ini, jaga selalu daya tahan tubuh Anda dengan istirahat yang cukup, rajin berolahraga, dan kurangi dulu aktifitas yang melelahkan. Perbanyak makan makanan yang sehat dan bergizi, contohnya daging merah, sayur, buah, dan air putih. Hindari konsumsi alkohol dan juga narkoba untuk menjaga kesehatan hati Anda.

    Semoga membantu ya..

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah