Tanya Dokter

  • Kulit gatal dan merah setelah pemakaian masker wajah

  •  Linda U.h
    Anggota
    Selamat malam dok.. saya mau tanya. Sebelumnya saya ini remaja usia 18th. Saya mengalami reaksi kulit yang aneh terhadap bahan* tertentu. Kulit muka saya akan membengkak gatal2 merah seperti habis disengat tawon ataupun digigit semut tapi penuh satu muka. Kondisi wajah saya akan seperti itu saat saya pakai masker DIY dari oatmeal, pakai masker madu murni, selain itu saya pernah basuh muka pakai tisyu basah mitu yg non alcohol, dan pakai obat jerawat benzolac. Nah yang saya mau tanyakan apakah kulit saya tergolong kulit sensitif? Atau hanya alergi terhadap bahan* tertentu? Kalau alergi dari beberapa contoh diatas saya alergi zat apa? trimakasih.

    Halo Linda U.h, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Kulit disebut sensitif bila kulit mudah mengalami alergi atau iritasi karena penggunaan bahan-bahan tertentu. Reaksi seperti yang anda alami tersebut adalah reaksi alergi kulit terhadap bahan tertentu yang anda aplikasikan di kulit anda. Bahan apa saja yang dapat menyebabkan reaksi alergi pada kulit bisa berbeda-beda pada setiap orang, bahkan bahan yang paling tidak alergenik sekalipun tetap dapat menyebabkan reaksi alergi pada beberapa orang. Untuk mengetahui lebih pasti bahan apa yang menyebabkan alergi di kulit, perlu dilakukan pengujian dengan menggunakan suatu tes yang disebut tes cukit kulit. Pada tes ini, sebagian kecil kulit anda akan dipaparkan dengan berbagai macam zat yang berpotensi menimbulkan alergi dan dilihat secara langsung reaksinya. Anda dapat pergi ke dokter kulit untuk melakukan tes ini.

    Bila anda sering mengalami reaksi alergi karena penggunaan bahan-bahan tertentu, sebaiknya anda selalu melakukan pengujian terlebih dahulu dengan cara-cara berikut ini :

    1. Oleskan sedikit bahan atau krim yang hendak anda gunakan pada area kulit di belakang telinga dan dibiarkan semalaman
    2. Bila tidak terjadi reaksi alergi ataupun iritasi pada kulit, oleskan sedikit bahan atau krim yang hendak anda gunakan tersebut di area kulit di samping mata (pada salah satu pelipis) dan biarkan semalaman
    3. Bila tidak terjadi reaksi alergi ataupun iritasi pada kulit, kemungkinan bahan atau krim tersebut aman untuk anda gunakan
    4. Bila setelah menggunakan bahan atau krim tertentu wajah anda mulai tampak memerah, bengkak, gatal, dan terasa panas, segera cuci wajah anda dengan air hingga seluruh bahan dan krim tersebut terhapus dari wjaah anda.

     

    Sekian informasi dari saya, semoga cukup menjawab

     

    dr. irna cecilia