Tanya Dokter

  • Kulit kepala yang tampak bersisik dan kemerahan

  •  Ery Ana
    Anggota

    Salam doktor, Saya mahu bertanya tentang masalah kulit kepala saya berkuping dan kemerahan, setiap hari saya bersikat mesti ada kuping2 jatuh dh kulit kepala saya kemerahan....boleh saya tahu jalan penyelesaiannya...

    Hai Ery,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Perlu diperjelas sebelumnya, apa yang Anda maksudkan dengan "berkuping"? Apakah yang dimaksud adalah bersisik seperti ketombe?

    Kulit kepala yang tampak bersisik dan kemerahan penyebabnya ada banyak. Salah satu yang tersering adalah dermatitis seboroik. Kondisi ini kerap menimpa bagian tubuh yang dihuni oleh banyak kelenjar minyak, termasuk juga kepala. Kerap kali, penderita juga merasakan sensasi gatal yang sangat mengganggu.

    Penyebab pasti peradangan kulit pada dermatitis seboroik hingga kini belum diketahui. Namun, banyak ahli menduga kondisi ini berkaitan dengan infeksi jamur Malassezia yang terkandung dalam sekret yang siproduksi oleh kelenjar minyak di kulit. Selain itu, kelainan sistem imun, dan berbagai faktor lain, seperti kelainan neurologis, psikiatrik, daya tahan tubuh yang lemak, efek samping obat, atau juga pemulihan dari suatu penyakit (misalnya serangan jantung) juga bisa mencetuskan kondisi ini.

    Di samping dermatitis seboroik, bisa juga keluhan Anda muncul akibat sebab lain, misalnya psoriasis (peradangan kulit kronis akibat kelainan autoimun), tinea capitis (infeksi jamur kepala), dermatitis kontak (peradangan kulit akibat kontak dengan zat pemicu alergi atau iritasi), impetigo (infeksi bakteri), candidiasis kutan, lupus, liken planus, tinea versicolor (panu), dan sebagainya.

    Bila benar kondisi seperti ini yang Anda maksudkan, cobalah Anda periksakan diri Anda ke dokter spesialis kulit dan kelamin. Dengan begitu, bisa diperiksa, apakah penyebab pasti yang mendasari keluhan Anda. 

    Sementara ini, Anda bisa rawat kulit kepala Anda dengan keramas teratur 3 hingga 4 kali seminggu menggunakan shampo yang mengandung pyrithione zinc, selenium sulfide, ketokonazol, tar, dan asam salisilat. Bersihkan sisik yang muncul di kulit kepala Anda dengan minyak zaitun yang didiamkan selama 1 hingga 3 jam, kemudian bilas hingga bersih. Hindari terlalu sering memodifikasi rambut, terlebih menggunakan produk yang mengandung zat kimia berbahaya. Hindari juga produk perawatan kulit kepala yang mengandung alkohol. Hindari bertukar tutup kepala dengan orang lain untuk meminimalisasi risiko penularan.

    Semoga membantu ya..

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah

    Semoga