Tanya Dokter

  • Cara mengatasi rasa gatal yang berlebihan pada penis dan kulit penis terkelupas

  •  brian james
    Anggota
    alo dok saya ingin tanya, bagaimana cara mengatasi gatal pada penis dan kulit penis seperti terkelupas dan rontok,saya sudah mengalami ini 1bulan lebih dan tidak sembuh sembuh, sangat mengganggu sekali dok, tolong balasannya, terima kasih dok

    Hai brian,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Penis yang terasa gatal, sering terkelupas lalu rontok paling sering menandakan infeksi jamur, contohnya tinea cruris. Tidak hanya penis, kondisi ini kerap juga menimpa area skrotum (buah zakar), anus, hingga selangkangan. Umumnya, di samping gatal dan mengelupas, pada kulit akan dijumpai ruam kulit kemerahan berbentuk lingkaran menyerupai pulau-pulau yang lebih pucat di tengahnya. Gatal kerap memberat apabila tubuh Anda banyak berkeringat, misalnya seusai beraktifitas atau berolahraga. Beberapa kondisi lain yang meningkatkan risiko seseorang mengalami tinea cruris adalah berpostur tubuh gemuk, berjenis kelamin pria (karena peria memproduksi keringat lebih banyak dibanding wanita), terbiasa menggunakan celana ketat dan berbahan panas, memiliki riwayat penyakit kulit atau gangguan sistem imun, misalnya akibat diabetes, HIV/ AIDS, konsumsi steroid jangka panjang, sedang menjalani kemoterapi, atau juga mengalami malnutrisi.

    Selain tinea cruris, mungkin juga keluhan yang Anda alami timbul akibat sebab lain, misalnya candidiasis kutan (infeksi jamur candida), skabies (kudis), impetigo, kutu kelamin, dermatitis seboroik (peradangan kulit kronis yang menyebabkan kulit mengelupas menyerupai ketombe), psoriasis, dermatitis kontak, erupsi obat, liken planus, dan lain sebagainya.

    Pada kondisi yang ringan, keluhan seperti yang Anda alami semestinya akan sembuh dengan sendirinya selama Anda mampu menjaga kebersihan diri dengan baik. Namun, bila keluhan berlangsung hingga 1 bulan bahkan lebih, maka sebaiknya Anda memeriksakan diri langsung ke dokter untuk penanganan lebih lanjut. Bila berdasarkan hasil pemeriksaan fisik dokter mencurigai keluhan Anda timbul akibat infeksi jamur, maka dokter bisa meresepkan obat anti jamur topikal atau beberapa jenis obat lainnya untuk meredakan keluhan Anda.

    Kebersihan diri yang baik merupakan titik tumpu dari penanganan keluhan di sekitar kelamin, termasuk penis yang gatal dan mengelupas. Oleh karenanya, Anda sebaiknya jaga selalu kebersihan diri Anda, yakni dengan rajin mandi, selalu membersihkan organ intim setiap habis buang air, dan senantiasa kenakan pakaian yang bersih. Sebisa mungkin, hindari membilas organ intim menggunakan air yang diragukan kualitasnya. Selain itu, hindari juga penggunaan pakaian yang terlalu ketat dan berbahan panas. Terakhir, namun yang tidak kalah penting, hindari segala bentuk aktifitas seksual yang berisiko, karena penularan infeksi di sekitar penis salah satunya kerap diperantarai oleh seks bebas.

    Semoga membantu ya..

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah