Tanya Dokter

  • Kulit wajah keluar keringat berlebihan

  •  Aisyah Arifin
    Anggota

    Halo dok saya mau tanya. Saya sudah pernah memakai berbagai jenis masker tp yg paling sering pake masker jenis clay mask, setiap saya menggunakan masker daerah hidung dan dahi saya pasti mengeluarkan keringat. Ketika pake moist/sunscreen/bedak juga area tsb berkeringat, apakah hal tersebut wajar? Adakah solusi untuk masalah tersebut. Terimakasih sebelumnya

    Hai Aisyah.. Terimakasih untuk pertanyaan yang diberikan.

    Pengeluarann keringat merupakan salah satu mekanisme tubuh untuk menyesuaikan suhu tubuh dengan lingkungan. Pengeluaran keringat merupakan hal yang wajar, tetapi bila pengeluaran keringat berlebihan juga perlu mendapatkan perhatian. Hiperhidrosis atau pengeluaran keringat berlebih dpat dibedakan menjadi primer dan sekunder. Hiperhidrosis primer bila pengeluaran keringat terjadi pada bagian tubuh tertentu sama seperti telapak tangan, telapak kaki, lipatan paha, ketiah, pada kepala, atau wajah saja. Sedangkan hiperhidrosis sekunder bila keringat berlebh didasari oleh penyakit lain seperti pada penderita TBC, gangguan tiroid, gangguan saraf, atau cemas dan panik. 

    Bila keluhan anda memberat, dirasa sangat mengganggu, dan tanpa pemicu yang jelas selama 6 bulan atau lebih maka anda dapat memeriksakan diri ke dokter. Sehingga dokter dapat melakukan pemeriksaan fisik secara langsung dan dapat ditunjang dengan tes darah, foto rontgen, atau disesuaikan dengan hasil pemeriksaan fissik. Sedangkan bila pengeluaran keringat tidak berlebih maka anda tidak perlu khawatir secara berlebihan. Selain itu yang dapat anda lakukan ialah:

    • Hindari penggunaan krim wajah yang mengiritasi atau tidak sesuai dengan kulit wajah anda
    • Hindari  paparan panas dan sinar matahari berlebih 

    Semoga bermanfaat

    dr.Iriyanti