Tanya Dokter

  • Kulit wajah belang seperti panu setelah menggosok toner terlalu keras

  •  vazila
    Anggota

    Sore dok ,saya vina saya mau tanya sebelumnya kulit wajah saya biasa saja wlpun saya menggunakan krim wajah, tapi kenapa setelah saya menggosokkan toner terlalu keras kulit wajah saya seperti panu . minta solusinya ya dok, terimakasih

    Hai Vina,

    Menggosok kulit wajah dengan bahan atau produk apapun termasuk toner memang dapat memicu terjadinya iritasi kulit. Akibatnya kondisi ini dapat memicu terjadinya proses inflamasi atau peradangan pada kulit. Pada keadaan tertentu setelah peradangan mereda, kulit dapat mengalami kondisi yang disebut sebagai hipopigmentasi sehingga kulit berwarna lebih muda atau putih seperti panu.

    Namun demikian kulit yang belang dan berwarna keputihan mungkin juga dapat disebabkan oleh adanya kondisi medis lain yang mendasari, seperti pityriasis alba (timbul bercak putih di kulit yang dipicu oleh reaksi imunitas, infeksi atau paparan sinar matahari), vitiligo (hilangnya pigmen kulit sehingga timbul bercak putih susu di kulit), ataupun kusta (bercak putih yang disertai mati rasa pada kulit).

    Untuk dapat menentukan solusi yang tepat bagi Anda tentunya penyebab dasar keluhan yang timbul perlu diketahui terlebih dahulu. Untuk itu diperlukan pemeriksaan secara langsung/tatap muka oleh dokter. Oleh sebab itu sebaiknya Anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit guna menelusuri penyebabnya dan menentukan penanganan yang tepat bagi Anda.

    Sementara ini untuk mencegah keluhan lebih lanjut dianjurkan agar Anda menghindari menggosok wajah dengan benda atau produk apapun. Saat membersihkan wajah cukup lakukan usapan ringan pada kulit. Sebaiknya hindari penggunaan toner pada area kulit yang belang untuk mencegah iritasi lebih lanjut.

    Topik terkait dapat dibaca di sini:

    Penyebab kulit belang dan cara mengatasinya

    Semoga bermanfaat,

    dr. Muliani Sukiman