Tanya Dokter

  • Konsumsi obat penambah darah pada penderita maag

  •  Faniifadillah
    Anggota

    Dok saya habis datang bulan,lalu ,saya lagi jarang banget makan sayur dan makanan yg bernutrisi, saya sering begadang, lalu saya kalo ngeliat yang jauh jadi sedikit buram ,waktu itu juga saya sakit kurang darah,juga dulu seperti itu jika kurang darah mata kadang jadi buram, tapi jika saya minum penambah darah seminggu kemudian nya suka sembuh buram nya ,Burem nya sembuh gitu dok , apakah kurang darah bisa membuat mata buram? Apa tidak apa apa saya minum penambah darah rutin? Saya cek ke dokter kata dokter saya darah rendah sekali,saya bilang mata saya Burem kalo liat objek yg jauh, lalu kata dokternya ke saya bilang "tidak apa apa itu kamu kurang darah,badan kamu lemes sekali dan pucat dan tekanan darah juga rendah" saya dikasih obat penambah darah apa tidak apa apa saya punya magh minum penambah darah terus?

    Hai Faniifadillah,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Perlu Anda ketahui, bahwa kurang darah (anemia) berbeda dengan tekanan darah rendah (hipotensi). Diagnosis anemia baru bisa ditegakkan setelah Anda menjalani pemeriksaan laboratorium, yakni untuk mengecek kadar hemoglobin dalam darah. Apakah Anda sudah pernah menjalani pemeriksaan ini?

    Pandangan buram bisa disebabkan baik oleh anemia maupun hipotensi. Di samping itu, bisa juga pandangan Anda menjadi buram akibat hipoglikemia (gula darah rendah), dehidrasi (kurang cairan), kurang tidur, gangguan refraksi mata (misalnya rabun jauh, rabin dekat, silindris), asthenopia (mata lelah), gangguan jantung, tumor otak, dan sebagainya. 

    Penanganan anemia dan hipotensi tidaklah sama. Anemia bisa disebabkan oleh perdarahan, kurangnya produksi sel darah merah, atau banyaknya penghancuran sel darah merah yang telah terbentuk. Sedangkan, hipotensi bisa disebabkan oleh dehidrasi, perdarahan, gangguan jantung, syok, alergi, infeksi, dan sebagainya. Konsumsi suplemen penambah darah bisa bermanfaat untuk memperbaiki gejala anemia. Namun, suplemen ini tidak selalu bisa mengatasi hipotensi. Oleh karenanya, konsumsi suplemen penambah darah jangka panjang tidaklah disarankan, terlebih bila dilakukan tanpa pengawasan dokter.

    Sebaiknya, Anda memeriksakan diri langsung ke dokter agar jelas apa persisnya yang mendasari keluhan Anda ya.. Bila perlu, dokter akan menyarankan Anda untuk menjalani tes darah, rekam jantung, atau tes penunjang lainnya. Pada umumnya, anemia atau hipotensi yang ringan memang tidaklah berbahaya dan bisa diatasi dengan modifikasi gaya hidup. 

    Saat ini, sebaiknya Anda lebih disiplin dalam memperbaiki waktu tidur. Tidurlah 6 hingga 8 jam sehari agar tubuh tidak lemas. Minumlah yang cukup dan makan makanan yang sehat serta bergizi. Anda bisa memperbanyak konsumsi daging merah, sayuran hijau, ikan-ikanan, dan kacang-kacangan untuk membantu mencegah perburukan anemia. Rutinlah berolahraga dan jauhi rokok serta alkohol.

    Semoga membantu ya..

     

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah