Tanya Dokter

  • Penyebab lendir di hidung dan dahak kental kecoklatan

  •  uvuvwewe
    Anggota
    dok saya mau nanya. Saya tadi merasa lendir di hidung saya mau keluar,tapi saat di keluarkan tidak bisa,saya coba mengeluarkan lewat mulut dan ada dahak kental agak kecoklatan tapi ada darah sdikit setelah dikeluarkan hidungnya seperti ada yang terasa tidak enak.itu kenapa ya dok?cara sembuhinnya gmana?trima kasih.

    Halo,

    Terima kasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Lendir atau dalam bahasa medis disebut dengan mukus merupakan materi yang dikeluarkan dari saluran pernafasan. Dalam keadaan normal lendir dapat dikeluarkan dalam proses batuk atau bersin. Jika terjadi suatu gangguan maka produksi lendir ini dapat meningkat dan sulit untuk dikeluarkan.  

     

    Penyebab terbentuknya lendir berlebih dapat dipengaruhi oleh beberapa hal, seperti :

        Faktor alergi, Rhinitis.

        Reaksi Infeksi, flu, tuberculosis, bronkhitis, penumonia.

        Efek samping obat.

     

    Lendir yang dikeluarkan oleh seorang pasien hendaknya dapat dievaluasi sumber, warna, volume dan konsistennya karena kondisi lendir biasanya dapat memperlihatkan penyebab dan asal dari kelainan yang terjadi pada proses terbentuknya lendir itu sendiri. Darah yang ikut keluar pada saat mengeluarkan lendir bisa saja diakibatkan kerena adanya iritasi saat berusaha mengeluarkan lendir tersebut. Karena terdapat beberapa faktor yang dapat menyebabkan keluhan ini, dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter, terlebih jika keluhan anda sudah disertai dengan gejala yang menyertai seperti demam, batuk dan bersin sampai mengganggu aktivitas sehari-hari. Dokter akan melakukan pemeriksaan secara langsung dan lengkap untuk mengetahui penyebab keluhan anda dan memberikan penanganan yang sesuai seperti anti mukolitik dan ekspektoran yang bertujuan untuk mengencerkan lendir dan mengeluarkannya.

     

    Adapun saran dari kami :

    ·      Hindari menggosok atau mengorek hidung terlalu keras dan sering

    ·      Hindari memaksakan pengeluaran lendir baik dari hidung ataupun mulut untuk menghindari iritasi yang mungkin terjadi

    ·      Perbanyak minum air putih minimal 2 Liter/hari

    ·      Hindari minuman atau makanan yang terlalu manis dan goreng-gorengan

    ·      Konsumsi makana bergizi untuk mengembalikan daya tahan tubuh.

    ·      Menghirup uap hangat

     

    Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.