Tanya Dokter

  • Penyebab lengan terasa sakit mendadak pada penderita diabetes

  •  aliasabena
    Anggota
    Selamat pagi Dok. Sy ingin bertanya. Ibu sy berusia 54 tahun. Hampir 2 bulan ini beliau mengeluh sakit di bagian lengan kanannya. Sakit seperti ngilu. Kadang tiba2 sampai lemas sesaat. Awalnya ibu berpikir keseleo. Sudah dibawa ke bbrp tukang urut tp belum ada perubahan. Setelah itu kami bawa ke dokter spesialis penyakit dalam. Kata dokter ada pengaruh dgn penyakit diabetes yg diderita ibu. Dikasih obat pereda nyeri nmun belum juga ada perubahan. Memang sempat 2 minggu yg lalu ibu cek gula darah. Hasilnya tinggi. Tp saat pertama kali sampai kira2 sebulan ibu mengeluh sakit lengan ini gula darahnya msh normal. Kira2 apa penyebabnya ya Dok? Rencana kami ingin bw ibu ke dkter spesialis saraf. Mohon penjelasannya Dok. Terimakasih..

    Salam,

    Dari info yang Anda sampaikan, komplikasi penyakit diabetes terjadi karena kronisitas penyakit ini yang sudah terjadi bertahun-tahun sebelumnya, sehigga dapat  komplikasi sistem organ dalam tubuh pasien, seperti pada sostem pembuluh darah, jantung, liver, ginjal, otot, mata dan juga otak. Sehingga bila sejak awal didignosa kontrol diabetes ini tidak terjadi secara optimal, maka komplikasi jangka panjang ini akan semakin beresiko, walaupun pada 6 atau beberapa tahun selanjutnya gula terkontrol. Pada pasien dengan level gula darah yang masih fluktuaif, dan tdak dibantu dengan kontrol berta badan, kontrol kebiaasaan hidup sehat, maka resiko komplikasi akan semakin meningkat pada tahun-tahun selanjutnya. Oleh karena itu, keluhan otot atau tendon pada lengan ibu Anda kemungkinan dapat disebabkan oleh kronisitas gula darahnya.

    Beberapa kondisi lain juga dapat menyebabkan keluhan yang sama, seperti:

    1.infeksipada sendi

    2. radang pada sendi atau rematik

    3. radang pada otot

    4. radang pada tendon atau ligamen otot

    5. riwayat trauma sebelumnya

    6.gangguan pada tulang belakang 

    Oleh karena itu, merupakan langkah positif bila anda meminta secondopinion ke dokter spesialis saraf untuk pemeriksaan lebih jauh berkaitan dengan keluhan yang dirasakan oleh ibu Anda. Jangan lupa untuk membawa semua hasil pemeriksaan yang sudah dilakukan sebelumnya untuk evalausi dan rencana pemeriksaan lanjutan yang akan dilakukan oleh dokter saraf. 

    Perawatan dan pengobatan akan diberikan oleh dokter sesuai hasil pemeriksaan yang didapatkan.

    Yang perlu dilakukan oleh ibu Anda adalah:

    1. mengidealkan berat badan

    2, menghindari tidur larutmalam

    3. menghindari kelelahan fisik

    4.mencukupi air putih

    5.melakukan oleh raga sesuaikemampuan fisiknya

    6. berpuasa rutin untuk membantu mengontrol berat badan dan gula darah

    Demikian info yang bisa kami sampaikan, baca juga  diabetes joint-pain.

    dr. Ulfi