Tanya Dokter

  • Mengatasi Luka Alergi Pada Bayi Yang Tak Kunjung Sembuh

  •  Endah George
    Anggota

    Selamat pagi dok, cucu sy usia 7bln sjk bayi sdh menunjukkan bakat alergi diperkuat dg priksa ke DSA spes alergi..stlh dilakukn tes hny diperbolehkn mkn daging sapi,sayur,buah..otomatis ibunya jg hrs diet mknan yg sama krn bayi masih ASI.

    Awalnya merah2 dipipi,tangan n kaki..yg parah di tangan kanan dekat kelingking..krn gatal, tangan digeser2kan pd benda apapun hingga lecet n berair...

    Ke DSA dikasi Motaderm krim (sdh g dipake) kemudian oleh DSA alergi diberi Fucicort krim u merah2 n Atopiclair u yg kasar2..krn lukax g sembuh2 dikasi lg Bactoderm.. selain itu diberi puyer u gatal n alergi..kasian dok krn garuk2 terus. Untuk lukanya, tidak ditutup sesuai anjuran dokter.

    Mohon saran nya, mengingat luka sudah ada sejak Januari 2018.

    Terimakasih, Salam

    Halo

    Dengan riwayat yang dialami cucu anda, memang bisa disebabkan oleh banyak hal termasuk alergi. Pada kondisi tersebut, memang salah satu cara yang disarankan agar tidak kambuh adalah menghindari pemicunya.

    Pada kondisi gatal dan digaruk, bisa menyebabkan adanya luka pada kulit yang digaruk. Luka yang dialami, bisa saja mengalami infeksi yang menyebabkan luka yang tidak kunjung sembuh. Selain itu, kondisi alergi yang bisa bersifat kambuh-kambuhan juga bisa menjadi penyebab sulit sembuhnya luka yang terjadi.

    Yang dapat anda lakukan adalah menjaga kebersihan luka yang ada, hindari penggunaan obat atau ramuan diluar saran dokter, usahakan agar luka tidak di garuk oleh si kecil, serta berikan obat sesuai dengan aturan dokter anda. Dan terus kontrol secara rutin ke dokter anda, karena dalam proses terapinya memang dibutuhkan waktu dan kesabaran. Lakukan semua yang disarankan oleh dokter anda.

    Semoga membantu.