Tanya Dokter

  • Luka di kaki anak yang tak sembuh-sembuh

  •  Deen Fuky
    Anggota

    Anak sya brumur 4thn dok,dikakinya terdapat keropeng tp kecil,sya biarkan dok teryata keropengnya bengkak trus lepas dari kulit tp bekas keropengnya meninggalkan luka dok Lukanya ini kayak g bisa sembuh,agak kering trus keluar keropeng lg trus lepas lagi,gtu terus dok jd luka yg awalnya kecil jd membesar Malah kulit sebelah yg awalnya g knapa2 ikut timbul keropeng jg meskipun agak kecil tp ikut membengkak jg,sdh sya bawa kebidan dan d ksh obat tp lukanya belum sembuh bener,udah mulai mengecil,tp stlh obtnya hbs lukanya kembali membengkak lg,di ksh obat apa y dok?

    Deen Fuky  dr. Rico N
    Dokter

    Halo, Dari apa yang ibu gambarkan, sepertinya yang dialami adalah pioderma / infeksi bakteri pada kulit. Pioderma ada bermacam-macam, tetapi dari yang ibu gambarkan yang paling mungkin adalah :

    1. Ektima
    2. Impetigo krustosa/non bulosa
    Kedua kasus tersebut disebabkan oleh bakteri, paling sering streptokokus. Sebaiknya ibu membawa anak ke dokter untuk diperiksa secara langsung. Biasanya penyakit ini juga dapat menyebar/menular. Jika memang dipastikan itu adalah ektima atau impetigo krustosa, umumnya dokter dapat meresepkan antibiotika baik oral ataupun oles. Pada kasus seperti ini menjaga higienisitas sangat penting, mandilah dengan air Pk atau sabut antibakteri, lepas keropeng dengan menggunakan kompres basah, bersihkan dasar keropeng dan kenakan salep antibiotika sesuai anjuran dokter. Ganti sarung bantal guling, sprai, linen , dan handung sering-sering. Jika lesi banyak mungkin membutuhkan antibiotika oral/minum Anti gatal dapat diresepkan juga oleh dokter untuk mengurangi gatal dan mencegah anak menggaruk-garuk jika memang diperlukan. demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.