Tanya Dokter

  • Perbedaan benang jahit operasi

  •  Rijki Budiman
    Anggota
    Selamat malam dok , apakah ada perbedaan jenis benang jahit yang menyatu dengan kulit dengan benang yang dibuka secara manual? Bagus yg mn ya dok? Soalny telapak tangan saya dijahit pie benang yg ga perlu di lepas, dan benang yg mn dok yg tidak meninnggalkan bekas ? Trims

    Selamat malam, terima kasih telah bertanya di Alodokter. Dalam ilmu bedah, memang dikenal setidaknya dua jenis benang jahit, yakni yang terserap dan yang tidak. Perbedaan ini bukannya tanpa alasan, karena biasanya untuk menjahit luka luar atau yang tidak terlalu dalam, benang jahit yang tidak diserap-lah yang akan digunakan karena lebih baik dalam memperbaiki luka.

    Sebaliknya, bila lukanya didalam atau dipergunakan dalam menjahit organ dalam pada operasi usus buntu misalnya, digunakan benang yang terserap karena tidak mungkin menggunakan benang yang dibuka secara manual untuk organ dalam. Karena berarti butuh operasi lagi untuk membukanya nanti.

    Sehingga kurang tepat untuk menilai lebih bagus mana benang terserap atau tidak karena penggunaannya tergantung situasinya masing-masing, yang jelas hal ini tidak akan berpengaruh terhadap penyembuhan luka atau luka bekas operasi, seperti menggunakan benang terserap akan membuat luka Anda kembali sempurna dan benang tidak terserap akan membuat bekasnya lebih jelek, tidak seperti itu. Adanya bekas atau tidak akan tergantung dari kadar kolagen dan faktor keturunan yang Anda miliki.

    Sekian, semoga bermanfaat.

    dr. Amadeo D. Basfiansa