Tanya Dokter

  • luka yang muncul sendiri dan semakin menyebar

  • Assalamualaikum,dok saya mau tanya saya punya luka yg muncul sendiri lukannya itu mengeluarkan cairan putih bening lama kelamaan lukanya menyebar trus cairan yg dikeluarkan berubah awalnya kan bening lalu berubah ke merah pada saat berubah ke merah saya tidak hawatir tapi sy terkejut ketika warnanya berubah jadi coklat saya masih belum periksa ke dokter karna kartu bpjs saya udah ko ,mohon bantuanya dok

    Wa alaikumsalam, terima kasih telah bertanya di Alodokter. Luka pada dasarnya merupakan jaringan kulit yang terbuka. Jaringan ini tidak mungkin terbuka dengan sendirinya karena fungsi kulit adalah sebagai pelindung pertama dari bagian dalam tubuh. Bila kulit bisa terbuka dengan sendirinya, maka seseorang tidak akan mampu bertahan hidup.

    Adapun pada kasus Anda, kami rasa ada gesekan atau gangguan dari dalam yang muncul dengan tampilan mirip luka, seperti ada benjolan, namun tidak Anda sadari dan kemudian pecah hingga seolah-olah ada luka yang muncul tiba-tiba. Kondisi ini bisa disebabkan infeksi virus, bakteri atau kelainan sistem kekebalan tubuh. Begitupula dengan keluarnya cairan yang bila asalnya dari luka, kemungkinan besar merupakan sel darah putih yang muncul sebagai respon infeksi. Bila warnanya menjadi merah atau cokelat, biasanya karena sudah tercampur dengan darah.

    Bagaimanapun, untuk bisa memastikannya, Anda tetap harus memeriksakannya ke dokter. Yang Anda alami butuh untuk dilihat langsung oleh dokter spesialis kulit agar tidak menimbulkan kerancuan dan kesalahpahaman, yang pada akhirnya berujung pada salah penanganan dan merugikan Anda sendiri. Karena itu, Anda bisa coba urus kembali jaminan kesehatan Anda atau gunakan pembayaran umum untuk periksa kali ini saja. Di periksa yang satu kali itu, Anda bisa tanyakan pada dokter kulit Anda mengenai penanganan apa yang bisa Anda lakukan dirumah, termasuk apa yang bisa dan tidak bisa Anda makan dan lain sebagainya, agar Anda tidak perlu kembali hingga urusan jaminan kesehatan Anda beres.

    Sementara itu, hindari mengoleskan obat atau ramuan apapun, bersihkan luka dan jaga tetap kering, jaga kebersihan diri secara keseluruhan, dan terapkan pola hidup sehat untuk meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Semoga Anda lekas sembuh.

    Sekian, semoga membantu.

    dr. Amadeo D. Basfiansa