Tanya Dokter

  • malignant neoplasm of ovary

  •  frestiagustin
    Anggota

    Hallo dok, saya diagnosa dokter malignant neoplasm of ovary. Saya masih berumur 21 tahun. Apakah itu sejenis tumor ganas atau kanker ya dok ? Dan apabila di operasi apakah rahim saya di angkat dua2 nya ? Saya belum menikah dan belum mempunyai anak. Bagaimana ya dok prosedur nya? Terimakasih dokter :)

    frestiagustin  dr. Adhi Pasha
    Dokter

    Halo frestiagustin,

    Kanker ovarium merupakan adanya sel abnormal yang tumbuh pada indung telur atau ovarium. Kanker ovarium sendiri ada beberapa jenis berdasarkan lokasi awal perkembangan kanker seperti diantaranya:

    • Tumor epitelial dimana muncul pada jaringan pembungkus ovarium merupakan jenis yang paling banyak terjadi
    • Tumor stromal yang muncul pada lapisan dimana terdapat sel penghasil hormon, termasuk jenis yang jarang
    • Tumor sel germinal dimana berkembang pada sel penghasil telur dimana cenderung terjadi pada wanita usia muda

    Gejalanya sendiri jarang timbul pada stadium awal dimana seringkali menimbulkan gejala seperti sulit buang air besar, kembung, pembengkakan pada perut, sakit perut, penurunan berat badan yang signifikan, cepat kenyang, buang air kecil menjadi lebih sering, nyeri saat berhubungan seksual dan gejala lainnya.

    Faktor-faktor yang dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker ovarium sendiri seperti usia, genetik, menderita PCOS, obesitas, merokok, menjalani terapi hormonal, dan penggunaan alat kontrasepsi. Untuk menegakkan diagnosa tersebut perlu dilakukan pemeriksaan secara lengkap mulai dari wawancara medis, riwayat keluarga, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang seperti USG, pemeriksaan darah, pemeriksaan penanda tumor, pemindaian dengan CT scan atau MRI, dan pemeriksaan sampel jaringan.

    Apabila terdiagnosa kanker ovarium maka akan dilakukan penanganan sesuai jenis dan stadium kanker dimana dapat dilakukan operasi seperti operasi pengangkatan jaringan. Apabila pengangkatan dilakukan pada kedua ovarium dan rahim, penderita tidak dapat lagi memiliki keturunan tetapi jika terdeteksi dini dan stadium awal maka pengangkatan dapat dilakukan pada salah satu ovarium dimana kemungkinan untuk dapat hamil masih ada. Selain dengan operasi juga akan dilakukan kemoterapi ataupun radioterapi sesuai dengan kondisi yang dialami.

    Untuk itu konsultasikan pada dokter yang menangani Anda mengenai kondisi yang Anda alami secara detil dan langkah penanganan apa yang akan diambil atau Anda juga dapat melakukan pemeriksaan pada dokter ahli kandungan dan kebidanan atau dokter ahli onkologi lainnya untuk meminta opini kedua mengenai kondisi yang Anda alami.

    Semoga bermanfaat,

    dr. Adhi P.