Tanya Dokter

  • Menghitung Masa Subur Pada Siklus Haid 44 Hari

  •  Nita Rahayu
    Anggota
    Maaf dok saya Mahuu tanyaa Saya Kemarin Haid Pertama Tanggal 4 februari Lama Haid nya 7 hari siklus haid nya 44 hari, Jdi kapan Masa sbur saya berlangsung dok? Mohon bantuan nya dok soalnya saya Mah coba promil Sebelumnya terimakasihh
    Nita Rahayu  Arief Tri
    Dokter

    Masa subur adalah masa dimana perempuan tersebut memiliki peluang untuk hamil jika melakukan hubungan seksual pada rentang tersebut karena perempuan tersebut menghasilkan sel telur dirahimnya. Masa subur seorang perempuan sangat dipengaruhi oleh lama siklus menstruasi tiap bulan dan keteraturan dari siklus menstruasi itu sendiri. Waktu subur seorang wanita tentu akan berbeda-beda, contohnya masa subur wanita yang siklus menstruasinya tiap 28 hari tentu akan berbeda dengan siklus menstruasinya yg panjang (misal 40 hari) dan tentu juga akan berbeda dengan siklus mentruasinya yang lebih pendek (misal 21 hari).

    Sebagian wanita memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur dan perbedaan antara lama siklus tiap bulannya sangat bervariatif dan berbeda. Sehingga akan sering mengalami perubahan prediksi hari haidnya. Pada wanita yang siklus haidnya tidak teratur, biasanya sulit untuk memperkirakan waktu suburnya karena hari-hari haidnya sulit diprediksi. Inilah yang terkadang menyebabkan kesulitan untuk memperoleh keturunan pada wanita yang siklus haidnya tidak teratur. Hari subur wanita tersebut akan selalu bergeser sesuai siklus menstruasinya pada bulan itu yang tidak diprediksi. Sehingga pada wanita seperti ini disarankan untuk berkonsultasi langsung ke dokter.

    Pada siklus menstruasi yang polanya teratur maka memperkirakan masa subur akan lebih mudah. Untuk mengerti bagaimana memperkirakan masa subur, dapat menelusuri artikel berikut. Jadi sederhananya wanita perlu memperkirakan siklus menstruasinya terlebih dahulu. Setelah itu wanita perlu menandai tanggal dimana terjadinya haid untuk pertama kali  pada siklus tersebut (misalnya wanita tersebut mulai haid tanggal 10, artinya tanggal 10  ini kita sebut dengan istilah HPHT=Hari Pertama Haid terakhir). Perkiraan masa subur akan dihitung dari tanggal HPHT. Perhatikan rumus berikut untuk mencari perkiraan awal dan akhir masa subur dalam siklus menstruasi tersebut:

    Awal masa subur akan jatuh pada = Hari ke (Lama siklus menstruasi - 18) dari HPHT

    Akhir masa subur akan jatuh pada = Hari ke (Lama siklus menstruasi -11) dari HPHT

    Sebagai contoh siklus menstruasi anda sekitar 44 hari. Maka awal siklus menstruasinya adalah hari ke 26 (berasal dari 44-18) dari HPHT (hari pertama haid terakhirnya). Masa suburnya diperkirakan berakhir pada hari ke 33 (berasal dari 44-11) dari HPHT. Lakukanlah hubungan seksual di rentang tanggga hari-hari subur tersebut, jika memungkinkan frekuensi aktivitas seksual ditingkatkan pada tanggal hari-hari subur tersebut. Tujuannya agar meningkatkan kemungkinan/peluang terjadinya pembuahan (bertemunya sel telur dan sel sperma). Kita tidak dapat mengetahui secara pasti/akurat hari saat tubuh wanita tersebut melepaskan sel telurnya (kecuali dilakukan pemeriksaan dengan alat bantu yang canggih, seperti ultrasonografi). Yang bisa dilakukan secara sederhana hanyalah memperkirakan hari-hari perkiraan tubuh wanita melepaskan sel telurnya tersebut.

    Apabila siklus menstruasi tidak teratur, maka yang dapat dilakukan adalah

    • Melakukan hubungan seksual secara rutin selama masa-masa subur. Misalnya melakukan hubungan seksual setiap hari atau dua hari sekali atau sesuai kemampuan. Semakin sering hubungan seksual dilakukan selama masa subur, maka peluang terjadinya kehamilan juga akan tinggi.
    • Konsultasi ke dokter kandungan untuk berdiskusi tentang cara memperkirakan masa subur pada siklus menstruasi yang tidak teratur dan juga dilakukan pemeriksaan lain kemungkinan adanya penyakit lain yang menyebabkan masa subur menjadi tidak teratur
    • Hindari stress
    • Persiapkanlah kehamilan dengan baik, mengkonsumsi vitamin b kompleks atau vitamin yang mengandung asam folat baik untuk mempersiapkan kehamilan dan perkembangan otak anak.

    Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat, dapat menjawab dan dapat membantu anda.

    dr. Arief Tri Wibowo