Tanya Dokter

  • Hasil pemeriksaan gonore negatif dan kemungkinan terkena penyakit menular seksual lainnya

  •  Deo_tanya
    Anggota

    Dok 5 bulan lalu saya terkena gonorea, kmudian saya berobat ke dokter dan diberi penanganan injeksi plus obat. Stelah obat yg diberi dokter habis saya disarankan cek urin dan cairan kelamin. Hasilnya sudah negatif semua dok, dan juga keterangan lain lain juga negatif. Apakah masih ada kemungkinan saya terdampak penyakit lain dok? Terimakasih

    Halo Deo, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Gonore adalah penyakit yang disebabkan karena infeksi bakteri Neisseria gonorrhoeae. Penyakit ini adalah salah satu penyakit menular seksual yang dapat disembuhkan secara total dengan pemberian obat antibiotik yang sesuai (berbeda dengan HIV, HPV, herpes yang tidak benar-benar bisa disembuhkan). Bila setelah pengobatan hasil pemeriksaan gonore anda sudah menunjukkan hasil negatif, berarti anda memang sudah sembuh dan terbebas dari gonore. Meskipun demikian, perlu anda perhatikan beberapa hal berikut ini:

    1. Anda tetap dapat tertular gonore kembali bila anda melakukan hubungan seksual yang berisiko.
    2. Anda dapat tertular gonore kembali bila pasangan seksual anda belum mendapat terapi gonore juga.
    3. Hubungan seksual yang tidak aman bukan hanya berisiko menularkan gonore saja tetapi juga penyakit menular seksual yang lainnya, seperti Chlamydia, HPV, herpes, sifilis, HIV, hepatitis, dll.

     

    Untuk selanjutnya, sebaiknya anda menghindari melakukan hubungan seksual yang berisiko (hubungan seksual berganti pasangan, tidak menggunakan kondom). Untuk memastikan anda tidak terkena penyakit lainnya, anda dapat memeriksakan diri anda ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan penyakit menular seksual lainnya.

    Berikut ini artikel yang dapat anda baca seputar penyakit menular seksual

     

    Sekian informasi dari saya, semoga cukup menjawab

    dr. irna cecilia