Tanya Dokter

  • mengatasi wajah yang berjerawat

  •  M Agung
    Anggota

    Dok. Saya sedang mengalami masalah jerawat yang lumayan banyak nih dok, banyak temen temen yg nyaranin pake vitacid retinoic acid yg kdar nya 0,025% . Nah saya mau nanya,kalw pake itu apakah harus pake sunblock parasol spf 33 nya juga dok? #TerimakasihDok

    Halo M Agung, Terima kasih sudah bertanya di Alodokter.

    Jerawat merupakan masalah kulit yang dapat terjadi pada siapa saja dan dapat muncul pada bagian tubuh manapun. Jerawat paling banyak muncul pada masa pubertas akibat adanya perubahan hormon dalam tubuh. Perubahan hormon menyebabkan produksi minyak meningkat pada kelenjar minyak kulit. Pertambahan produksi minyak ini bergabung dengan sel-sel kulit mati menyumbat pori-pori. Pori-pori yang tersumbat merupakan tempat yang baik bagi bakteri penyebab jerawat untuk tumbuh dan kemudian menyebabkan peradangan.

    Masalah jerawat dapat dikendalikan dengan pengobatan namun perlu Anda ketahui bahwa pengobatan jerawat tidak dapat membuahkan hasil secara cepat. Biasanya dibutuhkan waktu berminggu-minggu hingga kondisi kulit Anda membaik. Vitacid adalah merk dagang yang mengandung asam retinoid yang penggunaannya harus sesuai dengan anjuran dokter. Sebaiknya sebelum menggunakan krim ini Anda berkonsultasi dulu dengan dokter spesialis kulit. Pengobatan untuk jerawat dapat berbeda-beda tergantung pada keparahan jerawat yang Anda alami karenanya pemeriksaan oleh dokter penting untuk menghindari ketidaktepatan pengobatan yang Anda jalani. Dokter akan menentukan penanganan yang tepat bagi kondisi jerawat Anda. Pengobatan yang tidak tepat dapat memperparah kondisi jerawat. Penggunaan krim ini memiliki beberapa efek samping, salah satunya adalah kulit yang menjadi lebih sensititf terhadap sinar matahari.

    Lakukan juga anjuran berikut ini untuk membantu mengatasi jerawat Anda:

    • membersihkan wajah dengan teratur dua kali sehari dengan sabun pembersih wajah yang ringan
    • hindari menggosok kulit wajah terlalu keras
    • hindari memencet jerawat

    Semoga informasi ini berguna bagi Anda.

    Dr. Aloisia