Tanya Dokter

  • Masalah kulit berkerak dan timbul seperti jerawat di punggung

  • Selamat malam dok, saya memiliki suami berusia 31thn, seorang perokok aktif, dan bekerja di industri minyak goreng. Suami saya memiliki masalah pada kulit kaki dan punggungnya. Terdapat penebalan kulit disertai tekstur kasar seperti kerak pada kakinya. Kami sdh coba mengobatinya dgn callusol tp hanya membuat permukaan kulitnya halus saja tapi tdk mengurangi penebalan kulitnya. Selain itu di punggung serta beberapa bagian tubuh muncul benjolan kecil seperti jerawat tapi tdk memiliki 'mata'. Saya pernah memencetnya, pd umumnya tdk bisa dipecahkan tapi suatu saat keluar cairan kental seperti lemak komedo dari benjolan kecil tsb. Suami mengaku kdg terasa gatal. Selain itu benjolan ini biasanya kempes sendiri tapi meninggalkan bekas kehitaman di kulit. Kira2 suami saya menderita penyakit kulit apa ya dok? Lalu bagaimana jenis pengobatan yg sebaiknya dilakukan? Apakah ada hubungan antara penyakit suami saya dgn lingkungan tempat kerjanya yg berhubungan dgn minyak goreng, seperti membuat kulit kering atau sejenisnya.. Terima kasih dok atas jawabannya

    Halo Geovani R. Amalia,

    terima kasih telah bertanya ke Alodokter.

    Penebalan dan pengelupasan pada kulit kaki dapat disebabkan oleh beberapa penyakit atau kondisi, yaitu:

    1. Kapalan, disebabkan oleh tekanan/gesekan yang berlebihan pada kaki
    2. Psoriasis, peradangan kulit menahun yang ditandai dengan kulit yang terkelupas, menebal, bersisik, dan terasa kering. Lebih sering terjadi pada lutut/siku. Penyebabnya diduga sistem imun yang menyerang kulit sendiri (autoimun).
    3. Xerosis, atau kulit kering
    4. Dermatitis kontak iritan atau alergi, biasanya juga disertai kemerahan dan gatal
    5. Infeksi pada kulit kaki

    Untuk mengetahui penyebab pasti dari keluhannya, suami Anda disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter spesialis kulit agar dokter dapat melihat langsung lesi pada kulit kaki, melakukan pemeriksaan misalnya pengambilan sampel kulit jika diperlukan, dan memberikan tata laksana yang sesuai.

    Sementara ini suami Anda disarankan untuk:

    • memakai alas kaki yang nyaman
    • hindari kontak langsung kulit kaki dengan bahan yang bersifat alergenik (memicu alergi), atau iritatif misalnya deterjen
    • gunakan pelembap pada kulit kaki yang kering dan mengelupas
    • mandi teratur 2 kali sehari dengan air dingin dan sabun antiseptik
    • jika memakai alas kaki tertutup gunakan kaos kaki yang berbahan lembut dan menyerap keringat
    • banyak minum air putih
    • istirahat cukup dan hindari stres

       

    Sementara itu, benjolan kecil kemerahan yang muncul pada kulit punggung dapat merupakan jerawat atau kelainan kulit lainnya seperti peradangan pada kantung rambut/folikel (folikulitis), bisul, biang keringat (miliaria) akibat suhu panas atau lembap, iritasi atau alergi terhadap bahan yang berkontak langsung dengan kulit.

    Untuk mengatasinya, beberapa cara di bawah ini dapat dicoba:

    • Tidak memencet benjolan atau menggaruk berlebihan bagian kulit yang gatal
    • Untuk mengurangi gatal berikan kompres dingin, atau oleskan lotion calamine
    • Mandi teratur dengan sabun yang mengandung antiseptik
    • Menggunakan pakaian longgar, berbahan lembut dan menyerap keringat (bahan katun)
    • Bekas kehitaman pada kulit dapat disebabkan oleh pemencetan atau penggarukan berlebihan, oleh karena itu hindari hal tersebut dan untuk menguranginya dapat dilakukan lakukan scrubbing ringan (gosok kulit dengan lembut) dan gunakan krim pemutih yang terdaftar pada BPOM sesuai petunjuk pemakaian.

    Selengkapnya dapat Anda baca pada artikel Mencegah Munculnya Jerawat di Punggung

    Sekian informasi yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    dr. Nindi