Tanya Dokter

  • Penggunaan softlens untuk penderita keratitis

  •  Fitriyani
    Anggota
    Selamat malam dok, saya ingin bertanya, sekitar hampir 2 tahun lalu saya terkena keratitis atau apa gitu sebutannya saya tidak tahu, di kornea mata saya terdapat titik putih, waktu itu kata dokter mata karna debu, dan tidak perlu tindakan operasi, hanya dibersihkan saja bisa. Tp sampai sekarang saya belum membersihkannya, masih ada titik putihnya cuma sekarang udah mulai memudar, mata saya juga masih ngeblur . Mata saya yg sakit jadi terlihat belo sebelah, Yg saya tanyakan apa saya boleh memakai softlens dok?
    Fitriyani  dr. Danny
    Dokter

    Hai.

    Keratitis merupakan suatu peradangan yang terjadi pada kornea. biasanya keratitis dapat disebabkan karena infeksi atau cedera pada mata. Cedera pada mata dapat saja berupa iritasi kronis. 

    Keratitis yang tidak diterapi dapat menyebabkan terjadinya jaringan parut pada daerah kornea, sehingga dapat mengakibatkan gangguan penglihatan baik sementara ataupun permanen. 

    penggunaan softlens merupakan salah satu hal yang dapat menyebabkan terjadinya keratitis, karena jika menggunakan softlens dalam keadaan yang sterilitas nya kurang terjaga maka dapat memperburuk keratitis anda. 

    oleh karena itu, disarankan untuk sementara jangan menggunakan softlens. anda dapat menggunakan kacamata. selain itu, penting untuk melakukan pemeriksaan rutin e dokter spesialis mata sehingga dokter dapat memeriksa keadaan anda secara langsung.

    berikut artikel yang dapat anda baca mengenai keratitis

    semoga bermanfaat. terimakasih

    dr. danny