Tanya Dokter

  • Vaksinasi HPV saat positif terdiagnosa kutil kelamin

  •  eronjubek
    Anggota
    Dokter apa bila saya sudah positif kutil kelamin apa akan sia sia jika saya melakukan vaksinasi hpv? Dan apa bila masih berguna seberapa persenkah keberhasilannya?

    Selamat pagi, terima kasih telah bertanya di Alodokter. Kutil kelamin, atau genital warts, memang disebabkan oleh HPV (Human Papillomavirus), dan memang betul bahwa setelah terinfeksi, seseorang akan memiliki kekebalan terhadap infeksi yang sama.

    Namun yang perlu Anda ketahui, HPV memiliki banyak tipe. Tercatat ada lebih dari 170 tipe HPV dan tanpa melalui pemeriksaan yang rumit dan mahal serta tidak rutin dilakukan, Anda tidak dapat mengetahui tipe mana yang pernah menyerang Anda. Sehingga mendapatkan vaksin HPV tetap dianjurkan karena sebagian tipe HPV menyebabkan kutil dan sebagian lagi bahkan bisa menyebabkan kanker.

    Penelitian di National Cancer Institute yang melibatkan 4186 wanita dengan umur antara 18 sampai 25 tahun juga menunjukkan manfaat dari pemberian vaksin HPV bagi mereka yang belum pernah terkena, pernah terkena dan sedang terkena infeksi HPV. Hasilnya Vaksin melindungi sebanyak 83% pada yang belum pernah terkena, 58% pada yang sudah pernah terkena, dan 25% pada yang sedang terkena.

    Bagaimanapun, bila Anda masih memiliki pertanyaan lain yang membuat Anda ragu, Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter Anda bagaimana manfaatnya bila dikaitkan dengan kondisi klinis Anda pada saat ini. Sekian, semoga bermanfaat.

    dr. Amadeo D.  Basfiansa