Tanya Dokter

  • Benjolan di kelopak mata kiri bagian bawah seperti jerawat yang meradang

  •  rickysugi
    Anggota

    umur saya 25.. dok di dalam kelopak mata kiri bagian bawah ada benjolan. seperti jerawat yg sudah matang.. lalu saya di beru gentamycin dan sekarang benjolannya mulai mengempis dan putih” nya yg seperti jerawat matang sudah menjadi merah semua termasuk seluruh kelopak mata bagian dalam.. dan mata saya juga katanya kena radang.. memerah, mengeluarkan air.. dan gampang mengeluarkan kotoran dan di pagi hari selalu mengeluarkan kotoran lendir hijau.. dan sudah di kasi tobroson tetes sudah mendingan.. tp kenapa mata saya tetap merah? dan kelopak mata saya masi memerah dan masi ada benjolan kecil merah? apa obatnya salah dok?

    Halo Rickysugi, 

     

    Terima kasih sudah bertanya ke Alodokter.

    Benjolan yang muncul di kelopak mata yang menyerupai jerawat atau bisul salah satu yang dapat dipikirkan adalah adanya kondisi yang dikenal dengan istilah medis hordeolum atau dikenal sebagai bintitan. Kondisi ini pada umunya terjadi pada salah satu mata dan umunya tidak mengganggu fungsi penglihatan secara signifikan. Adanya keluhan tambahan seperti mata merah dan adanya kotoran dari mata dapat merupakan kondisi medis lainnya yang dapat berhubungan baik langsung atau tidak langsung dengan adanya kondisi bintitan tersebut. Adapun beberapa kondisi yang dapat dipikirkan yang menjadi penyebab keluhan Anda saat ini adalah sebagai berikut: 

    • Hordeoulum. Selain adanya bintitan yang muncul juga dapat menyebabkan mata menjadi merah
    • Adanya kondisi mata kering. Mata kering menjadi salah satu resiko terjadinya hordeolum itu sendiri yang juga dapat disertai dengan adanya mata merah
    • Masuknya benda asing pada mata 
    • Iritasi pada permukaan paling luar mata yang dikenal sebagai konjungtivitis. Hal ini dapat disebabkan adanya kondisi alergi, infeksi virus ataupun bakteri. 
    • Adanya iritasi pada folikel rambut bulu mata. Akibat penggunaan kosmetik tertentu
    • Kondisi medis lainnya. 

    Obat-obatan yang Anda sebutkan di atas adalah jenis antibiotik dan ada pula yang mengandung steroid. Dimana penggunaan obat-obatan tersebut sebaiknya berdasarkan saran dan instruksi dokter. Karena penggunaan obat-obatan tersebut harus sesuai dengan indikasi dimana terjadi infeksi bakteri dan juga diperlukan penggunaan steroid. Jika kondisi Anda tidak membaik bahkan memburuk maka disarankan untuk melakukan konsultasi dan pemeriksaan langsung oleh dokter agar diketahui penyebab dari keluhan Anda saat ini sehingga dapat dilakukan penanganan yang sesuai. 

    Berikut artikel terkait

    Obat alami untuk bintitan

     

    Demikian yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat. 

     

     

     

    Salam, dr. Tiwi