Tanya Dokter

  • Mata tetap merah setelah menggunakan obat tetes mata

  •  Ruswin R
    Anggota
    Dok mata saya merah sudah 4 hari, saya sudah pakaikan obat tetes mata sama sekali tidak ada reaksi apa2.

    Halo, terima kasih atas kepercayaan anda kepada Alodokter.

    Mata merah menunjukkan bahwa ada proses radang yang terjadi. Radang tersebut dapat disebabkan oleh infeksi bakteri, virus, ataupun jamur. Radang dapat mengenai berbagai bagian mata yaitu :

    1. Konjungtivitis, yaitu peradangan pada konjungtiva (selaput pembungkus bola mata bagian depan dan sisi dalam kelopak mata. Keluhan berupa mata merah, berair, lengket, banyak mengeluarkan kotoran, namun tidak disertai penglihatan yang menurun.

    2. Keratitis, yaitu peradangan pada kornea (lapisan bening yang berada pada bagian depan mata, sejajar dengan lapisan putih sklera). Keluhan berupa mata nyeri, merah, silau bila melihat cahaya.

    3. Uveitis, yaitu peradangan pada iris / selaput pelangi mata yang memberi warna pada mata. Gejala berupa mata merah, terasa nyeri saat melihat cahaya.

     

    Kami menyarankan anda ke dokter spesialis mata agar dokter dapat melihat langsung kondisi anda, lalu menentukan penyebab dan penanganan yang tepat. 

    Selama menunggu diperiksa dokter, anda jangan mengucek mata menggunakan tangan dan anda dapat mengonsumsi obat pereda nyeri yang dijual bebas apabila terasa nyeri.

    Artikel mengenai mata merah berikut dapat anda baca untuk menambah wawasan anda.

    Sekian penjelasan kami, semoga membantu anda, terima kasih.