Tanya Dokter

  • Penggunaan lensa kacamata pada mata minus

  •  Ayu Budi
    Anggota

    Halo dok, saya mau konsultasi. Saya baru beli kacamata baru, mata kanan minus 3,25 mata kiri minus 1,75 dan silinder 0,50. Di lensa kacamata saya itu pakai ukuran minus lebih rendah. Mata kanan minus 2,50 mata kiri minus 1,50 dan silinder 0,50. Setelah saya pakai kacamatanya terasa aneh dan tidak nyaman karena objek seperti ikut bergerak dok, ketika saya mengangguk atau menoleh, objeknya itu seolah olah bergerak karena saya lihat objeknya memendek dari sudut kacamata. Selain itu objek juga tampak lebih lonjong dan dan lebih jauh dari nyatanya. Kira kira apa penyebabnya dok ya? Terimakasih dok

    Ayu Budi  dr. Danny
    Dokter

    Hai.

    Mata minus merupakan suatu hal yang sering terjadi. Mata minus salah satunya disebabkan karena terjadi pemanjangan bola mata, sehingga bayangan jatuh di depan retina. 

    Penggunaan lensa kacamata sebaiknya menggunakan ukuran yang sesuai. dari semua keadaan yang anda alami saat ini, rasa pusing dan tidak nyaman, serta objek seperti bergerak mungkin dapat disebabkan karena proses penyesuaian terhadap lensa kacamata yang baru. Setelah mengganti ukuran lensa, maka mata memerlukan waktu untuk membiasakan diri, sehingga dapat menyebabkan terjadinya kelainan bentuk objek atau terasa pusing. Hal tersebut merupakan suatu hal yang wajar terjadi, dan biasanya akan cenderung membaik dalam waktu 7 hari.

    Tetapi selain itu, keadaan yang anda alami dapat juga disebabkan karena penyebab lainnya seperti:

    • ukuran lensa kacamata yang tidak tepat, misalnya ukuran lensa minus kacamata yang baru terlalu besar
    • axis lensa yang tidak tepat
    • gangguan pada retina
    • perdarahan dalam mata
    • vertigo

    oleh karena itu, jika keadaan anda tidak kunjung membaik dalam waktu 3-5 hari maka sebaiknya anda memeriksakan diri secara langusng ke dokter spesialis mata sehingga dapat memeriksa keadaan anda secara langsung. Mungkin nanti diperlukan perbaikan lensa kacamata yang anda gunakan.

    berikut artikel yang dapat anda baca mengenai terapi mata minus sesuai anjuran dokter

    semoga bermanfaat. terimakasih

    dr. danny