Tanya Dokter

  • Mata pusing setelah melihat warna merah

  • Selamat malam dokter Perkenalkan nama saya fikri..saya mau bertanya Kenapa kalau saya melihat warna merah terlalu lama pandangan mata langsung tidak jelas dan sedikit terasa pusing. Terima kasih dokter

    Hai Fikri,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Pandangan buram dan terasa pusing ketika melihat warna tertentu kemungkinan penyebabnya adalah migrain. Selain warna tertentu, bisa juga migrain dicetuskan oleh melihat cahaya silau, mencium bebauan menyengat, mendengar suara bising, perubahan iklim yang ekstrim, dan sebagainya.

    Bisa juga, migrain muncul berkaitan dengan perubahan hormonal (pada wanita umumnya saat menjelang atau ketika menstruasi), stres, kurang tidur, merokok, mengkonsumsi beberapa jenis makanan (misalnya yang mengandung alkohol, kafein, atau MSG), efek samping obat (misalnya KB, anti hipertensi), terlambat makan, mabuk perjalanan, cidera kepala, dan sebagainya. Akibat berbagai pencetus di atas, penderita akan mengalami fenomena vaskuler, yakni berupa penyempitan dan pelebaran pembuluh darah. Kondisi inilah yang menyebabkan munculnya nyeri yang sensasinya seperti berdenyut-denyut.

    Bisa juga, selain migrain keluhan Anda muncul akibat sebab lain, misalnya astigmatisma (mata silindris), miopia (rabun jauh), glaukoma (peningkatan tekanan intraokuler), keratitis (radang kornea), dan sebagainya.

    Apakah pusing dan pandangan buram Anda terasa sangat mengganggu? Jika ya, Anda sebaiknya memeriksakan diri Anda langsung ke dokter supaya bisa dilakukan penanganan lebih lanjut ya.. Jika benar penyebabnya adalah migrain, dokter umumnya akan memberikan beberapa jenis obat seperti anti nyeri, dan sebagainya. Jika diduga kelainan berasal dari gangguan pada mata, bisa juga dokter merujuk Anda ke dokter spesialis mata.

    Selain berobat ke dokter, sebaiknya Anda lakukan juga upaya berikut:

    • Jangan terlalu lama menatap benda berwarna terang, termasuk merah
    • Jauhi juga paparan pemicu migrain lainnya (sebagaimana disebutkan di atas)
    • Istirahatkan mata Anda saat terasa lelah, caranya dengan memejamkan mata atau melihat ke obyek yang jauh berwarna hijau
    • Jangan terlalu lama menatap gadge (sebaiknya batasi 2 jam perhari)
    • Tidur dan makan dengan teratur
    • Jauhi alkohol, rokok, dan stres yang berlebihan

    Semoga membantu ya..

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah