Tanya Dokter

  • Bayi usia 3 bulan memiliki kebiasaan sering menangis sebelum tidur

  • Hallo Dokter, perkenalkan saya Dinda. Punya baby usia 3bulan 7hari.. Anak saya sering menangis bila ingin tidur atau mau tidur. Dikasih nen ngga mau, digendong pun sama menangisnya semakin kencang sampe kadang dia batuk karna tangisannya itu. Apakah wajar dok baby menangis sesering itu dan sampai sekenceng itu nangisnya?

    SAlam,

    Dari info yang Anda sampaikan, adanya kebiasaan bayi usia 3 bulan yang sering menangis sebelum tidur atau saat ingin tidur,kemungkinan dapat disebabkan oleh kondisi tubuh bayi yang tidak nyaman. Tangisan bayi yang Anda dengarkan merupakan satu tanda kondisi tertentu terjadi pada sistem tubuh bayi Anda.Keluhan yang sering menyebabkan bayi gelisah dan sering menangis adalah:

    1.perut kembung atau tidak nyaman

    2. awal diare

    3. kemerahan pada pantat

    4.kemerahan pada daerah sekitar kemaluan

    5.radang pada rongga mulut

    6. demam

    7. hidung tersumbat atau gangguan pernafasan

    8. bayi Anda haus

    Oleh karena itu, untuk kondisi awal, anda dapat melakukan evalusai terhadap beberapa kemungkinan diatas. Selain itu, bila kondisi bayi Anda semakin gelisah, Anda dapat segera berkonsultasi dengan dokter keluarga Anda atau dokter spesialis anak Anda. Dokter akan melakukan pemeriksaan dan evaluasi terhadap keluhan yang mungkin mengganggu kenyamanan bayi Anda.Sehingga,bila diperlukan pengobatan, dokter akan memberikan pengobatan sesuai hasil pemeriksaan yang didapatkan.

    Yang dapat Anda lakukan adalah tetap memberikan ASi ekslusif sesuai kebutuhan bayi Anda. Dan hindari pemberian makanan apapun selain ASI, karena hal ini dapat menyebabkan bayi Anda gelisah.

    Demikian info yang bisa kami sampaikan, baca juga  8-cara-menenangkan-bayi-anda.

    dr. Ulfi