Tanya Dokter

  • Dampak minum minuman yang telah kemasukan lalat

  •  nazriel
    Anggota

    “Apabila seekor lalat masuk ke dalam minuman salah seorang kalian, maka celupkanlah ia, kemudian angkat dan buanglah lalatnya sebab pada salah satu sayapnya terdapat penyakit dan pada sayap lainnya ada obatnya."

    (HR. Bukhari, Ibn Majah, dan Ahmad)

    Saya penasaran apa tanggapan dokter mengenai fenomena ini dari sisi ilmiah, karena banyak sumber yang mengatakan bahwa hadits diatas terbukti secara ilmiah dan bermanfaat mengurangi risiko terkena penyakit dari bakteri yang dibawa oleh lalat.

    Sumber: https://www.nahimunkar.org/masih-ada-yang-berani-lecehkan-hadits-nabi-soal-lalat/

    Hallo Nazriel, Terimakasih atas pertanyaan Anda pada Alodokter

    Lalat yang sering menempel di makanan atau minuman adalah jenis lalat musca domestica. Bila makanan atau minuman Anda di hinggapi lalat maka akan beresiko tercemar atau terkontaminasi telur larva lalat tersebut, yang bila  tertelan akan mati tercerna dalam asam lambung. Yang paling membahayakan adanlah kaki kaki lalat yang menempel pada makanan atau minuman Anda, akan menularkan penyakit, karena lalat senang hinggap ditempat kotor seperti misalnya tempat sampah, atau kotoran. sehingga bila menempel di makanan atau minuman Anda, akan menyebabkan makanan atau minuman Anda tercemar oleh bakteri dan menimbulkan beberapa gejala  misalnya seperti diare, muntah, nyeri perut dan bisa juga menimbulkan penyakit demam typoid.

    Jadi sangatlah penting menjagaa kebersihan makanan atau minuman Anda, dengan cara menutup makanan atau minuman, jauhi tempat sampah dari tempat makanan.

    Terkait dengan hadis diatas belum terbukti ada laporan ilmiah dan penelitian pembuktiannya, jadi hal tersebut diatas diluar batas kewenangan dunia kedokteran atau medis. Dan jika setelah makan atau minuman yang terkontaminasi lalat Anda mengalami sakit perut, mual muntah dan diare segera datangi dokter agar mendapatkan penanganan segera.

    Terimakasih, semoga bermanfaat. dr.Nurmarwiyah