Tanya Dokter

  • Benang keluar dari vagina setelah operasi caesar

  •  Emely Grace
    Anggota

    Malam dok, saya mau tanya sodara saya 2 minggu lebih yang lalu operasi caesar pada tgl 29, dan hari kemarin ada benang seperti senar keluar dari vaginanya, keluar tapi tidak semuanya sehingga seperti tertahan dalam vaginanya. apa itu harus ditarik, apa mungkin benang daging yang dipakai didalam bisa terlepas dan keluar melalui vagina?

    Halo, terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Operasi Caesar adalah prosedur medis untuk mengeluarkan bayi melalui sayatan terbuka pada perut dan rahim. Sayatan dibuat melintang persis di bawah garis pinggang. Setelah bayi dikeluarkan, sayatan tersebut ditutup dengan menjahit luka. Benang yang digunakan umumnya benang yang mampu diserap tubuh.

    Dari peristiwa yang Anda paparkan, benang seharusnya tidak keluar melalui vagina. Kondisi harus diperiksakan ke dokter secara langsung untuk memastikan penyebabnya. Untuk sementara hindari menarik benang tersebut. Benang yang diserap akan menyatu dengan jaringan luka dan tidak keluar melalui vagina.

    Umumnya benang yang keluar dari vagina berupa benang IUD (intra uterine device) atau benang yang memang digunakan untuk menjahit luka pada vagina misalnya karena trauma atau melahirkan. Untuk menambah informasi mengenai operasi Caesar, Anda bisa membaca artikel berikut di:

    • https://www.alodokter.com/operasi-caesar-ini-yang-harus-anda-ketahui
    • https://www.alodokter.com/5-langkah-yang-perlu-kamu-lakukan-untuk-pulih-pasca-caesar

    Demikian informasi yang bisa saya berikan, semoga bermanfaat.