Tanya Dokter

  • Mengatahui masa subur setelah haid berkepanjangan pada pengguna KB suntik

  • Slmt siang dok , saya aura ,saya mau bertnya lagi Bulan januari tanggal 2 sya suntik kb yg satu bulan,ketika sesudah kb saya langsung haid sampai bulan maret tanggal 7 ,itu saya dala waktu 2bulan lebih udah periksa kebindan dan yg cocok dari bidan yg kedua karna pertma kebidan yg satu darah masih saja keluar malah tambah banyak periksa kebidan yg kedua dikasih lah obat pemberenti darah katanya mungkin pengaruh dari kb ,allhamdulilah 3hari minum obat itu saya berenti haid nya .lalu seminggu selang saya kembali plek 2hari bersih lagi selangdua hari saya kembali haid selama seminggu lalu selang dua hari lagi saya plek selama 2hari aja Smrang saya bingung dok masa subur yg diitung bagaimna,saya skrang keputihan udah 3hari ini Terimakasih.mohon dinawab 🙏🏻

    Hai Aura,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Karena mengandung preparat hormon sintetik, pengguna KB suntik 1 bulan memang kerap mengalami perubahan dalam siklus menstruasinya. Hal ini dikarenakan, efek hormon dalam KB suntik yang menyebabkan gangguan pada keseimbangan hormon reproduksi yang diproduksi secara alamiah di dalam tubuh.

    Bila menilik dari riwayat menstruasi Anda sebelumnya, siklus menstruasi Anda sangatlah tidak beraturan. Hal ini tentu menyulitkan dalam proses penentuan masa subur bila hanya dilakukan berdasarkan metode kalender.

    Maka dari itu, untuk menentukan masa subur, Anda sebaiknya tidak berpatokan pada metode kalender. Berikut alternatif cara yang bisa Anda lakukan:

    • Pengamatan lendir serviks
      Anda bisa melakukan metode ini dengan mengamati lendir keputihan yang keluar dari vagina Anda. Sebelum ovulasi (pecah sel telur), lendir vagina umumnya akan diproduksi lebih banyak, berwarna bening, dan bersifat sangat elastis bila diregangkan (menyerupai putih telur). Hindari penggunaan sabun pewangi vagina agar pemeriksaan lebih akurat.
    • Pengukuran suhu basal tubuh
      Anda bisa melakukan metode ini dengan mengukur suhu tubuh sejak hari terakhir menstruasi Anda. Normalnya, saat ovulasi, suhu tubuh Anda akan mengalami sedikit peningkatan, yakni sekitar 0,3 derajat Celcius. Peningkatan suhu ini bisa bertahan hingga 2 - 3 hari.
    • Menggunakan alat prediksi ovulasi
      Dewasa ini, banyak alat prediksi ovulasi yang bisa dengan mudah Anda peroleh di toko alat kesehatan ataupun apotek terdekat. Pilihlah alat yang memiliki sensitifitas tinggi dan gunakan sesuai petunjuk penggunaan yang tertera di kemasannya.

    Bila Anda mengalami kesulitan, jangan segan untuk berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis kandungan ya..

    Semoga membantu.

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah