Tanya Dokter

  • Mengatasi ngompol pada orang dewasa

  •  idawahidah
    Anggota
    Selamat Malam, Saya wanita berusia 25 tahun sejak kecil mengompol tidak pernah berhenti hingga sekarang. Ngompol minimal 1 bulan sekali. Sudah beberapa kali pengobatan tetapi belum ada hasil. Mohon bantuan Tim Alo dokter, apa pengobatan yang tepat untuk saya. Trimakasih
    idawahidah  dr. Danny
    Dokter

    Hai.

    Mengompol merupakan suatu hal yang dapat disebabkan karena berbagai penyebab, terkadang mengompol dapat saja merupakan suatu hal yang wajar terjadi tanpa adanya suatu penyakit tertentu misalnya ketika refleks BAK belum sempurna ( misalnya pada anak anak). Namun biasanya pada orang usia 25 tahun sudah tidak mengompol lagi. Jika anda masih mengompol maka terdapat beberapa penyebab yang mungkin menyebabkan keadaan tersebut seperti:

    • suhu udara terlalu dingin
    • Sleep walking / somnambulisme
    • gangguan fungsi ginjal
    • terdapat infeksi saluran kemih bagian bawah
    • diabetes insipidus
    • kencing manis
    • gangguan pada saraf pusat

    suhu udara yang terlalu dingin pada saat tidur juga akan mempengaruhi ngompol. Dengan suhu udara yang dingin, maka tubuh cenderung akan lebih menghilkan banyak urine, yang terkadang dapat menyebabkan kandung kencing menjadi penuh tanpa kita sadari dan menyebabkan ngompol.

    Adanya infeksi saluran kemih juga dapat menyebabkan menjadi mudah mengompol. Infksi saluran kemih bagian bawah dapat menyebabkan seseorang menjadi sulit menahan jika ingin BAK. Selain itu dapat juga menyebabkan BAK terasa nyeri, BAK terasa tidak lampias, dan mungkin dapat disertai dengan BAK warna merah.

    tetapi untuk memastikan penyebab dari keadaan anda, maka tentu saja diperlukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter, sehingga dokter dapat memeriksa keadaan anda secara lebih lanjut, sehingga nanti dokter dapat memberikan pengobatan yang tepat untuk anda.

    disarankan agar mengatur suhu ruangan agar tidak terlalu dingin, hindari terlalu banuyak konsumsi kopi atau teh sebelum tidur. Minum air seara teratur minimal 2liter perhari. Biasakan BAK sebelum tidur. Hindari stres berlebihan., jangan merokok. 

    Berikut artikel yang dapat anda baca mengenai Infeksi saluran kemih

    semoga bermanfaat. Terimakasih

    dr. Danny