Tanya Dokter

  • belum pernah mengalami mimpi basah

  • Salam dokter Sebelumnya saya sudah pernah bertanya soal pubertas dengan alo dokter soal saya belum pubertas di umur 13 yang menjalan 14 saya sudah melihat ke google kalau pubertas anak laki laki memiliki ciri ciri sebagai berikut jakun membesar Ukuran penis membesar Mulai tumbuhnya rambut halus di wajah dan organ vital Dan mimpi basah Dan aroma bau badan dewasa Pertanyaan saya saya sudah mengalami ukuran penis membesar Dan aroma bau badan dewasa dan juga rambut rambut halus pertanyaan saya kapan saya akan mengalami mimpi basah soalnya saya minder karena teman saya sudah pada pubertas di kelas saya doang yang belum apakah ada solusi atau saran yang bisa saya lakukan

    Halo,

    Sebenarnya kapan seorang anak mengalami masa pubertas sangatlah bervariasi. Dari perubahan tubuh yang sudah Anda alami, kemungkinan besar Anda sudah mengalami masa pubertas. 

    Mimpi basah merupakan ejakulasi yang dialami laki-laki ketika tidur. Anak laki-laki akan mengalami mimpi basah ketika hormon testoteron dalam tubuh mengalami peningkatan. Hal ini biasanya terjadi pada masa reproduksi. Mimpi basah terjadi bila testis memproduksi sperma dan pria tidak/jarang melakukan hubungan seksual/masturbasi sehingga sperma dikeluarkan melalui peristiwa mimpi basah.

    Bila laki-laki jarang/belum melakukan hubungan seksual maka mimpi basah dapat terjadi. 

    Untuk mengalami pertumbuhan dan perkembangan masa pubertas yang optimal, terapkan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan bergizi seimbang, rutin konsumsi sayuran 3 porsi dan buah 2 porsi perhari, berolahraga secara teratur serta selalu mencukupi kebutuhan tidur (minimal 8 jam) di malam hari.

     

    Bila Anda masih merasa khawatir dengan apa yang Anda alami sebaiknya diskusikan kekhawatiran Anda dengan orang tua. Orang tua Anda akan membantu Anda untuk melakukan konsultasi langsung denga Dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan medis. Bila diduga disebabkan oleh kondisi yang serius, Dokter mungkin menganjurkan Anda melakukan pemeriksaan penunjang seperti tes darah, rontgen, USG perut, CT scan/MRI.

    Baca lebih lanjut mengenai Mimpi Basah dalam artikel Alodokter dengan klik di sini.

    Demikian info yang dapat Kami bagikan, semoga membantu Anda. 

    Salam sehat, Dr.Caecilia Haryu Aryapti.