Tanya Dokter

  • Cara mengitung masa subur dan merencanakan kehamilan

  •  Amell Melinda
    Anggota

    Selamat sore dok saya dengan amell. Dok saya mau tanya, kapan tanggal masa subur saya dan ovolusi saya ya ?dibulan februari 2018 saya haid ditanggal 20 februari 2018 dan selesai ditanggal 25 februari 2018 lalu bulan maret saya tidak haid lalu saya haid dibulan apri ditanggal 1 april 2018 hingga ditanggal sekarang 6 april 2018. Kira2 kapan ya tanggal masa subur dan ovolusi saya? Saya ingin segera memiliki momongan 😊

    Amell Melinda  Amell Melinda
    Anggota

    Ditunggu jawaban nya ya dok sangat ditunggu mohon jawaban nya

    Kalau menurut data yang anda berikan, kira-kira 18 April.

    Amell Melinda  Amell Melinda
    Anggota

    18 april sampai tanggal berapa ya dok, Dibulan maret kemarin saya pikir saya sedang hamil karna tespek menujukan garis dua dan tanda2 kehamilan seperti mual pegel pinggang hebat dll saya rasakan, namun april tanggal 1 pas saya haid

    Amell Melinda  Amell Melinda
    Anggota

    Terimakasih dok,

    Hai Amell,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Bagi pasangan yang sedang merencanakan kehamilan, pengetahuan terkait masa subur sangatlah penting agar waktu hubungan seksual bisa diatur sehingga menghasilkan potensi kehamilan yang lebih besar. Masa subur ini terjadi di sekitar waktu prakiraan ovulasi. Ovulasi sendiri adalah pecahnya sel telur yang telah matang dari indung telur.

    Sebelum menentukan masa subur, perlu diperjelas dulu bagaimana pola menstruasi Anda selama ini, apakah teratur, atau tidak? Bila menstruasi Anda teratur, lantas apakah rentang siklusnya masih dalam batas normal, atau tidak? Jadi, penentuan masa subur ini tidak bisa ditentukan hanya dengan mengamati jadwal menstruasi 2 hingga 3 bulan terakhir saja ya..

     

    Coba Anda catat jadwal menstruasi Anda setidaknya 6-9 bulan terakhir. Kemudian, hitung rata-rata siklusnya. Siklus menstruasi ini diartikan dengan jarak antara hari pertama menstruasi setiap bulannya. Siklus menstruasi yang normal bisa berkisar antara 21 hingga 35 hari. 

    • Apabila siklus menstruasi Anda normal dan selalu teratur, maka ovulasi kemungkinan akan terjadi 14 hari sebelum hari prakiraan menstruasi Anda berikutnya. Masa subur Anda bisa berlangsung 5 hari sebelum dan setelah hari prakiraan ovulasi tersebut. --- Sebagai contoh, bila siklus menstruasi Anda adalah 25 hari, maka ovulasi kemungkinan terjadi sekitar 11 hari setelah hari pertama menstruasi terakhir Anda (25 - 14). Dengan begitu, masa subur Anda bisa berada sekitar 6 (11-5) hingga 16 (11+5) hari setelah hari pertama menstruasi terakhir Anda.
    • Apabila siklus menstruasi Anda normal namun tidak teratur, maka bisa menghitungnya dengan cara berikut:
      • Ketahui siklus terpendek Anda, kurangi dengan 18 ---> angka ini adalah hari pertama dimana Anda paling subur
      • Ketahui siklus terpanjang Anda, kurangi dengan 11 ---> angka ini adalah hari terakhir dimana Anda paling subur
    • Apabila siklus menstruasi Anda lebih pendek dari 21 hari, atau lebih panjang dari 35 hari, maka penentuan masa subur bisa Anda lakukan menggunakan alternatif cara lain selain metode kalender, yakni dengan:
      • Pengukuran suhu basal tubuh; masa subur ditandai dengan peningkatan suhu basal tubuh
      • Pengamatan lendir serviks; masa subur ditandai dengan produksi lendir serviks yang meningkat dan lebih elastis menyerupai putih telur
      • Peningkatan gairah seksual

    Guna meningkatkan potensi kehamilan, sangat disarankan untuk memperbanyak hubungan seksual (setiap 2 hingga 3 hari sekali) terutama di masa subur. Selain itu, imbangi juga upaya tersebut dengan makan makanan sehat dan bergizi, tidur teratur, hindari stres, rutin berolahraga, jaga berat badan ideal, serta menjauhi rokok, alkohol, dan obat terlarang.

    Sekian penjelasan dari kami. Untuk lebih lengkapnya, jangan sungkan untuk berkonsultasi langsung ke dokter spesialis kandungan ya..

    Semoga membantu.

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah