Tanya Dokter

  • Menstruasi dengan durasi yang panjang pasca operasi usus buntu

  •  Dian LA
    Anggota

    Selamat siang Dokter,

    pada akhir bulan april kemarin saya menjalani operasi usus buntu, pada saat usus buntu diangkat, menurut dokter bedah kondisinya sudah bengkak dan melekat pada bagian rahim saya (sedikit ada peradangan). setelah operasi, saya menstruasi lebih cepat (tanggal ke 18) dari jadwal tapi untuk durasi seperti biasanya (8 hari). Siklus menstruasi saya sendiri biasanya setiap 30-32 hari dengan durasi 8 hari dan saya belum menikah.

     

    Namun, periode berikutnya (Mei-Juni), saya menstruasi kembali dengan hitungan tanggal yang normal dan untuk durasi 12 hari, diawali dengan flek hitam selama 4 hari. Sekarang, saya kembali menstruasi dan sudah menginjak hari ke 14. Berdasarkan jadwal tanggalan sendiri, menstruasi sekarang ini jatuh di hari ke 34.

    Apakah mungkin ada efek samping dari operasi saya kemarin atas kondisi saya saat ini? apakah kondisi saya ini berbahaya? Sejak pertama menstruasi, saya selalu merasakan sakit yang amat sangat setiap menstruasi, tapi di 3 periode mestruasi terakhir ini sakitnya berkurang bahkan saya bisa tetap beraktivitas normal.

     

    Atas jawaban yang diberikan, saya ucapkan terima kasih

    Halo Dian, 

    Siklus haid umumnya memang sekitar 21-35 hari dengan lama haid 3-7 hari. Setiap siklusnya, haid tidak selalu sama baik jumlahnya maupun gejala yang menyertai. Biasanya tidak menandakan gangguan tertentu dan tidak perlu dikhawatirkan.  Haid yang berlangsung lama mungkin saja disebabkan karena peradangan pada rahim, tetapi masih ada penyebab lainnya yang belum tentu berhubungan dengan operasi sebelumnya, misalnya: 

    • Keseimbangan hormon reproduksi terganggu
    • Menggunakan alat kontrasepsi
    • Stress, kelelahan
    • Infeksi pada rahim
    • Adanya tumor jinak, misalnya polip rahim, mioma
    • Gangguan pembekuan darah
    • Adenomiosis (lapisan endometrium yang tumbuh ke dalam lapisan otot rahim)

     

    Masih banyak penyebab lainnya. Tetapi mengingat tidak ada gejala yang mengganggu aktivitas, saat ini bisa dipantau terlebih dahulu. Jika haid tidak berhenti dalam beberapa hari lagi atau justru semakin banyak, periksakan segera ke dokter kandungan ya. Dokter kandungan akan melakukan pemeriksaan baik dengan tanya jawab, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan USG untuk menentukan penyebabnya dan memberikan penanganan yang tepat. 

    Baca juga: Menstruasi 

    Salam, 

    dr. Mega