Tanya Dokter

  • Menstruasi yang berkepanjangan disertai nyeri haid saat berhubungan intim

  • Hai dok saya mau tanya saya menstruasi dri kelas 2smp sebelum saya melahirkan anak pertama saya pernah keguguran tp tidak d kiret seletalh saya melahirkan anak pertama saya saya sempet mengalami gangguan hormon mens saya jadi tidak tentu jadi 5hari berhenti 7hari menstruasi kadang sampe 10hari trus sekarang di sertai nyeri setiap kali berhubungan selalu menstruasi tp setiap kali di periksa bilangnya gk kenapa2 gmn ya dok penjelasannya

    Halo Fara, Terima kasih sudah bertanya di Alodokter.

    Menstruasi terbilang normal jika berkisar antara 2-7 hari sedangkan sikuls menstruasi yang normal berkisar antara 21-35 hari. Siklus menstruasi dihitung dari hari pertama menstruasi hingga hari pertama menstruasi berikutnya. Gangguan menstruasi dapat terjadi pada siapa saja dan dapat disebabkan oleh aktivitas Anda sehari-hari. Beberapa hal berikut dapat menyebabkan gangguan menstruasi: aktivitas fisik yang berlebihan, tingkat stres yang tinggi, perubahan berat badan yang drastis, atau memiliki berat badan berlebih. Menstruasi yang terjadi lebih dari 7 hari termasuk gangguan menstuasi yang dikenal dengan menorrhagia. Menorrhagia adalah kondisi di mana perdarahan menstruasi terjadi sangat banyak atau terjadi lebih lama. Selain itu, penderitanya juga dapat mengalami keluhan nyeri saat menstruasi atau myeri ketika berhubungan badan.

    Berikut ini adalah beberapa penyebab menorrhagia:

    Sakit saat berhubungan badan juga dapat disebabkan oleh kurangnya lubrikasi ketika berhubungan badan. Karenanya, silakan Anda diskusikan dengan suami Anda untuk memperlama foreplay, pertimbangkan penggunaan pelumas vagina. Jika sakit sata berhubungan masih terjadi walaupun lubrikasi sudah cukup, maka pemeriksaan lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui penyebab keluhan Anda. Silakan Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk pemeriksaan selanjutnya. Dokter perlu menanyakan riwayat menstruasi Anda, riwayat kesehatan Anda, dan melakukan pemeriksaan pada Anda termasuk pemeriksaan leher rahim, pemeriksaan panggul, USG, atau pemeriksaan darah. Penanganan selanjutnya tergantung pada kondisi kesehatan yang mendasari keluhan Anda ini.

    Semoga informasi ini berguna.

    Dr. Aloisia