Tanya Dokter

  • Nyeri perut setiap kali menstruasi dan wajah pucat

  •  Oktaviani
    Anggota

    Saya berumur 20 tahun, setiap bulan kalau menstruasi perut saya selalu sakit, dan sakitnya itu sakit sekali. Sampai muka saya selalu pucat, dan sakitnya pun 2-3 hari sebelum haid dan waktu haid hari 1-3.. Itu berulang terus setiap bulannya. Apakah itu nanti berpengaruh dok kalau saya nanti sudah berumah tangga. Apakah akan susah punya anak. Saya jadi takut dok, karena banyak mendengar katanya akan susah punya anak.

    Hai,

    Nyeri berlebihan saat menstruasi tersebut diantaranya dapat diakibatkan oleh:

    Endometriosis yang dibiarkan terus berkembang tanpa pengobatan, dapat menimbulkan komplikasi, seperti gangguan kesuburan, yang terjadi akibat adanya jaringan endometrium yang tumbuh dan menutupi tuba fallopi, sehingga menghalangi pertemuan sel telur dan sperma. Namun tidak semua penderita endometriosis mengalami gangguan kesuburan, hanya sebagian saja. 

    Cobalah untuk memberikan kompres hangat pada bagian perut atau punggung saat timbul nyeri. Tetap konsumsi makanan bergizi secara teratur. Hindar junkfood. Perbanyak minum air putih. Kurangi kafein. Memiliki waktu istirahat yang cukup. Lakukan olahraga rutin. Tidak merokok. Hindari stres. 

    Disarankan agar Anda periksa ke dokter spesialis kandungan dan ginekologi. Sehingga dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan tes penunjang seperti USG atau laparoskopi, untuk membantu mengetahui penyebab medis yang terjadi. Dokter akan memberikan langkah penanganan yang tepat sesuai dengan hasil pemeriksaan yang didapatkan.

    Halaman berikut membahas 

    Penyebab nyeri haid yang tidak tertahankan

    Ragam olahraga untuk mengurangi nyeri haid

    Benarkan nyeri haid pertanda susah hamil?

     

     

    Semoga bermanfaat,

    dr. Jessica