Tanya Dokter

  • menurunkan berat badan dengan senam zumba

  • Umur saya 19 tahun, berat saya 58 kg dok, kira- kira dalam 42 hari bisa ngak dok turun sebanyak 15 kg hanya dengan senam zumba?? TErimakasih dok :)

    Hai Lidya, Berat badan ideal memang merupakan hal yang sangat didambakan setiap orang terutama wanita karena sangat mempengaruhi penampilan. Namun sebelum anda melakukan penurunan berat badan sebaiknya anda menghitung indeks massa tubuh anda sehingga anda tau apakah berat anda merupakan berat ideal atau kurang atau malah berlebihan. Cara menghitung indeks massa tubuh adalah sebagai berikut: IMT = Berat badan (kg) / Tinggi badan (m2)

    • IMT <18,5              = di bawah normal
    • IMT 18,5-24,9    = Normal
    • IMT 25-29,9       = Pre obesitas
    • IMT >30              = Obesitas
    Jika anda ingin menurunkan berat badan dapat dilakukan dengan cara olahraga dan diet rendah kalori. Olahraga yang dilakukan juga dapat bermacam-macam seperti senam, zumba, fitness, dll. Namun diet yang sehat adalah diet yang penurunan berat badan tidak berlangsung secara drastis namun bertahap, misalnya 1 kg dalam satu minggu. Senam zumba merupakan salah satu jenis olahraga yang sangat menyehatkan. Selain untuk membuat tubuh lebih bugar zumba juga dapat membuat pikiran menajdi lebih senang dan fokus. Namun untuk mengikuti kelas zumba sebaiknya anda berkonsultasi dulu dengan instruktur zumba karena bagi pemula sebaiknya mengikuti kelas dengan gerakan yang mudah terleih dahulu. Untuk memperjelas cara diet yang sehat anda dapat berkonsultasi dengan dokter gizi  sehingga akan dibuatkan program penurunan berat badan terhadap anda. akan diberitahukan apakah makanan atau minuman yang bisa anda konsumsi dan mana yang tidak. Anda dapat membaca artikel di bawah ini: Cara menurunkan berat badan secara realistis Diet cepat atau diet sehat Senam zumba Semoga membantu dr. Yosephine U L Simanungkalit