Tanya Dokter

  • menurunkan kadar asam urat

  • Selamat siang dok..

    bapak saya mengalami bengkak kemerahan awalnya di ibu jai kaki sebalah kiri, setelah itu kok merembet ke jari lain..mulai bengkak sudah 3 hari dan kemarin sudah checkup kadar asam uratnya 7.3. pada waktu malam hari sama bangun tidur kerasa nyut2. Apakah  memang asam uratnya lagi tinggi dok? mohon penjelasannya

    Hai, terima kasih atas kepercayaan anda kepada Alodokter. 

    Keluhan bengkak kemerahan dan nyeri pada sendi memiliki beberapa kemungkinan yaitu :

    1. Gout arthritis, yaitu radang sendi akibat asam urat. Asam urat adalah produk sisa metabolisme penghancuran sel tubuh manusia. Asam urat kemudian akan dibuang melalui ginjal. Asam urat yang tinggi dalam darah dapat disebabkan oleh asupan makanan tinggi asam urat, penghancuran sel-sel tubuh berlebihan, maupun penurunan fungsi ginjal. Asam urat berlebih akan masuk ke dalam persendian dan menyebabkan radang. Sendi yang terkena biasanya sendi-sendi kecil, dan hanya satu sisi sendi. Misalnya sendi jempol kaki sebelah kiri. Keluhan berupa bengkak, merah, terasa panas dan nyeri; sering mendadak saat bangun tidur.

    2. Septic arthritis, yaitu peradangan pada sendi akibat infeksi, paling banyak oleh bakteri. Infeksi bakteri dapat terjadi akibat luka terbuka yang melibatkan sendi, maupun akibat perluasan infeksi bakteri dari tempat lain, misalnya infeksi saluran kemih. Keluhan berupa sendi bengkak, merah, terasa panas, nyeri, dapat disertai demam.

    3. Rheumatoid arthritis yaitu peradangan pada sendi akibat proses autoimun, yaitu proses di mana kekebalan tubuh menyerang sendi-sendi. Autoimun dapat terjadi akibat infeksi di masa lalu yang tidak ditangani dengan maksimal sehingga muncul antibodi yang salah mengenali target dan malah menyerang sendi. Keluhan berupa bengkak, nyeri pada sendi kedua sisi tubuh, memberat bila istirahat, namun nyeri berkurang apabila sendi dipakai bergerak. Misalnya bengkak kemerahan dan nyeri pada sendi-sendi kedua jari tangan.

     

    Secara umum kadar asam urat ayah anda termasuk normal namun berada di perbatasan antara normal dan tinggi. Perlu diingat bahwa rentang nilai normal asam urat dapat berbeda di setiap laboratorium. Selain itu, apabila memang benar radang akibat asam urat, kadar asam urat dalam darah bisa saja normal karena asam urat tersebut sudah berpindah ke dalam sendi.

     

    Kami menyarankan anda segera memeriksakan ayah anda ke rumah sakit terdekat. Dokter perlu memeriksa langsung untuk memastikan penyebab bengkak dan kemerahan pada jari-jari kaki ayah anda. Apabila diperlukan akan dilakukan tindakan pengambilan cairan sendi untuk diperiksa lebih lanjut. Namun bila nyeri semakin memberat tak tertahankan, segeralah membawa ayah anda ke instalasi gawat darurat (IGD). Nyeri hebat adalah suatu kondisi gawat darurat.

     

    Hal-hal yang dapat anda lakukan di rumah antara lain :

    1. Memberikan ayah anda obat pereda nyeri yang dijual bebas.

    2. Mengoleskan krim anti radang yang dijual bebas.

    3. Menghindari ayah anda dari makanan seperti kangkung, jeroan, serta daging merah.

     

    Artikel berikut mungkin dapat membantu anda, silahkan dibaca.

    Sekian penjelasan kami, semoga membantu anda, terima kasih.