Tanya Dokter

  • Penyebab merasa pesimis dan ingin mati

  •  Surya
    Anggota

    Assalamualaikum dokter.. saya mau tanya knp ya saya merasa sangat pesimis sekali rasanya kya g punya harapan.. dan berasa ingin mati.. seperti setiap apapun yg saya lakuin itu percuma.. saya ngerasa udah capek dgn diri saya sendiri kadang saya ga bisa nahan marah.. rasanya ingin marah terus kediri saya (mukulin diri) terus klo liat orang lain rasanya ingin lempar apapun ke orang itu..kira2 saya knp ya dokter..

    Salam,

    Dari info yang Anda sampaikan,adanya keluhan pesimis, hopeless, tidak berguna,perasaan ingin mati, dan kecewa serta emosi,kemungkinan merupakan suatu bentuk depresi yang Anda alami dalam fase hidup Anda.

    Banyak bentuk kondisi psikologis yang dihadapi oleh seseorang dalam menjalani kehidupan,berinteraksi, bersosialisasi, berusaha yang ada suatu kondisi menyebabkan kekecewaaan dan tidak ada harapan yang dapat mencerahkan hidupnya. Hal ini merupakan bentuk penyesuaian diri yang tidak dapat dijalani dengan baik, sehingga Anda tidak dapat memanfaatkan potensi diri Anda dan tidak dapat menerima tantangan dalam hidup Anda.

    Oleh karena sebaiknya Anda mulai menyadarkan diri Anda dari segala kelemahan diri dan keputus asaan yang Anda rasakan, yakinlah semua hal yang Anda jalani pasti ada solusi baik cepat atau lambat. Selain itu, jadikanlah diri Anda sebagai manusia yang rendah hati dan ikhlas terhadap apapun yang ada didepan Anda. Dengan menata semua konsep hidup Anda, maka diharapkan Anda dapat menghadapi semua tantangan hidup dan kekecewaan hidup dengan lebih positif.

    Namun, bila Anda merasakan kondisi ini sulit untuk Anda kontrol, maka sebaiknya Anda berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis kesehatan jiwa dan atau psikolog untuk pemeriksaan dan penatalaksanaan yang diperlukan.

    Demikian info yang bisa kami sampaikan,baca juga depresi.

    dr.Ulfi