Tanya Dokter

  • Minum obat cemas jadi semakin cemas

  • Dok saya menderita gangguan cemas dok, saya udah berobat ke psikiater dan sudah di berikan obat antidepres tapi kenapa setelah konsumsi obat saya jadi semakin cemas dok, apa itu efek obat yg sedang bekerja atau bagaimana?

    Halo, Nessy. Terima kasih atas pertanyaannya kepada tim Alodokter.

    Gangguan cemas adalah rasa khawatir atau cemas yang berlebihan dan tidak terkendali sehingga menganggu aktifitas sehari-hari penderita. Gejala yang sering muncul antara lain;

    - Sering mengkhawatirkan hal-hal sepele
    - Selalu resah dan sulit tenang
    - Selalu tegang dan ketakutan
    - Sulit dalam memutuskan sesuatu
    - Mood uring-uringan
    - Sulit berkonsentrasi
    - Muncul keluhan fisik seperti nyeri kepala, nyeri perut, jantung berdebar, mual, diare, sulit tidur, napas sesak, gemetar dan mudah lelah

    Pengobatan gangguan cemas membutuhkan proses dan waktu untuk sampai benar-benar dalam kendali. Konsumsi obat adalah salah satu cara yang dilakukan untuk mengendalikan gejala tersebut. Seringkali, obat memunculkan efek samping. Obat antidepresan biasanya menimbulkan efek samping seperti;

    - mudah lupa
    - mudah mengantuk
    - pusing
    - sulit berkonsentrasi
    - nafsu makan menurun
    - rasa lelah

    Untuk memastikan penyebab keluhan anda, lakukan kontrol ulang ke psikiater, agar kembali dilakukan pemeriksaan evaluasi dan penanganan lebih lanjut. Selain itu, anda dapat melakukan hal-hal di bawah ini untuk meredakan gejala;

    - saat serangan cemas datang, tarik napas perlahan dari hidung, tahan 5-10 detik, lalu hembuskan perlahan dari mulut. Ulangi sampai merasa tenang
    - lakukan hal-hal yang membuat anda senang dan tenang
    - ceritakan masalah anda kepada orang terdekat untuk meringankan pikiran
    - yoga atau meditasi
    - banyak konsumsi air putih dan makanan bernutrisi
    - istriahat yang cukup

    Salam,
    dr. Amy