Tanya Dokter

  • penyebab jika salah minum obat KB

  •  Endang Wati
    Anggota

    pgi dok,sya ibu irt umur 25 thun tpi sya bru 2x ni pake pil kb andalan yg untuk menyusui tapi setelah pil kb hbis knpa blm dpt haid y?tpi wktu itu prnh slah mnum pil KBnya,hrusnya mnum pil hri mnggu sblah knan tpi yg sya mnum sblah kiri,apkah itu bsa jdi ggal kb dok?apkah mnum pil kb hrus mnurut tnda pnahnya,jka slah mnum gmna dok?trimksih.

    Hai Endang,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Pil KB yang dikhususkan bagi ibu menyusui sebagaimana yang Anda gunakan memiliki kandungan zat aktif derivat hormon progesteron (dalam hal ini linestrenol). Hormon ini mencegah kehamilan salah satunya dengan menghambat ovulasi, pecahnya sel telur yang telah matang. Karenanya, sangat wajar bila Anda tidak mengalami menstruasi saat menggunakan KB ini.

    Namun, perlu juga Anda ketahui, bahwa di samping akibat efek samping KB yang Anda konsumsi, bisa juga hambatan menstruasi Anda terjadi akibat sebab lain, contohnya:

    • Menyusui --- hormon yang meregulasi produksi dan ejeksi ASI bisa menekan produksi hormon yang meregulasi ovulasi dan menstruasi
    • Hamil --- pengguna pil KB bisa hamil apabila konsumsi pil KB tidak dilakukan dengan cara yang tepat
    • Gaya hidup tidak sehat, misalnya stres, jarang berolahraga, pola makan tidak sehat, kegemukan, mengkonsumsi obat tertentu
    • Penyakit tertentu, contohnya kista ovarium, hiper atau hipotiroidisme, dan sebagainya

    Konsumsi pil KB yang benar dimulai dari pil aktif (pil yang mengandung hormon) hingga habis baru dilanjutkan dengan pil plasebo (pil yang tidak mengandung hormon). Apakah konsumsi pil KB Anda sudah benar? Anda bisa berkonsultasi langsung ke dokter spesialis kandungan guna memastikannya.

    Dokter kemungkinan akan melakukan pemeriksaan fisik menyeluruh dan juga USG untuk menilai kemungkinan penyebab keluhan Anda. Pemeriksaan juga ditujukan untuk mengevaluasi apakah Anda merupakan kandidat yang tepat untuk menggunakan pil KB tersebut. Bila tidak, mungkin dokter akan merekomendasikan kontrasepsi lainnya yang juga aman bagi ibu menyusui.

    Sementara ini, Anda sebaiknya mengubah pola hidup Anda supaya lebih sehat agar menstruasi berjalan lebih teratur, yakni dengan tidur teratur, hindari kelelahan, makan makanan sehat dan bergizi, tidak merokok atau mengkonsumsi alkohol, dan rajin berolahraga.

    Semoga membantu.

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah