Tanya Dokter

  • Minyak Ikan Salmon Untuk Ibu Menyusui

  •  Widiyono
    Anggota

    Dear AloDokter,

    Amankah mengkonsumsi Minyak Ikan Salmon Squalen Fish Liver Oil Plus Omega 3 DHA bagi Ibu Menyusui?

    Hai Widiyono,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Minyak ikan banyak diteliti khasiatnya bagi kesehatan. Salah satu alasan utamanya adalah karena kandungan omega 3-nya yang tinggi, yakni DHA (docosahexaenoic acid) dan EPA (eicosapentaenoic acid). Omega 3 ini merupakan asam lemak esensial yang diperlukan bagi kesehatan, namun tidak diproduksi secara alami di dalam tubuh. 

    Konsumsi minyak ikan memiliki banyak manfaat, di antaranya menurunkan kadar trigliserida, mengurangi risiko penyakit jantung, mencegah penyakit jantung koroner, mencegah penyumbatan pembuluh darah, mencegah AMD (age related macular degeneration), menurunkan risiko keguguran pada ibu hamil, menurunkan kemunculan serangan alergi (termasuk pada kasus asma atau eksim), dan sebagainya.

    Minyak ikan merk apapun tidak dilarang untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui selama Anda tidak memiliki riwayat alergi terhadap komponen dalam minyak ikan tersebut. Hanya saja, untuk konsumsi jangka panjang, sebaiknya Anda tetap memeriksakan diri terlebih dulu ke dokter. Karena, pada beberapa kasus, konsumsi minyak ikan berlebihan berisiko meningkatkan potensi perdarahan, kadar LDL (kolesterol jahat), gangguan kadar gula darah, atau juga memicu gangguan pencernaan.

    Semoga membantu ya..

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah