Tanya Dokter

  • pendarahan menggumpal dan nyeri perut

  •  Ndoouk Cayank
    Anggota

    Dok,sebelumnya tante saya pernah mengalami kehamilan ektopik dan menjalani operasi. sekarang beliau sering mengalami perdarahan yang kambuh-kambuhan,lama,banyak,darah yg keluar seperti gumpalan agar-agar dan nyeri perut,perdarahanya sampai menyebabkanya harus dirawat dan transfusi darah karena kadar haemoglobiny rendah 4 Hg/r. pemeriksaan USG belum menunjukan kepastian dari penyebab perdarahan tersebut.apakah itu merupakan gejala miom atau yang lainnya dok?

    Ndoouk Cayank  dr. Rico N
    Dokter

    Hai, Miom merupakan pertumbuhan abnormal dari sel-sel otot rahim yang bersifat jinak yang sering menyebabkan pembesaran ukuran rahim. Biasanya terjadi pada usia 30 -50 tahun dan sering dikaitkan dengan hormon esterogen. Gejala-gejala miom meliputi :

    • gangguan menstruasi : umumnya berupa nyeri saat menstruasi ataupun perdarahan di luar siklus menstruasi (perdarahan berlebih dengan durasi waktu yang lebih lama)
    • gangguan saluran cerna : konstipasi/ sulit buang air besar
    • gangguan perkemihan : sering buang air kecil
    • gangguan reproduksi : keguguran, kemandulan
    • lain-laih, seperti nyeri pada perut atau punggung bawah, nyeri saat hubungan seksual
    Diagnosis miom dapat dibuat melalui wawancara riwayat penyakit secara menyeluruh, pemeriksaan fisik, serta pemeriksaan penunjang, misalnya USG, MRI, laparaskopi, biopsi, dll (artikel lengkap tentang miom klik di sini) Sedangkan endometriosis merupakan tumbuhnya jaringan di luar ronga rahim (jaringan ini seharusnya hanya terdapat pada lapisan dalam dinding rahim). Gejala yang ditimbulkan adalah nyeri saat menstruasi, perdarahan berlebih saat menstruasi dan nyeri saat BAK dan BAB ataupun saat hubungan intim. Biasanya gejala ini memberat selama siklus menstruasi. Diagnosis penyakit ini dapat dibuat setelah menjalani serangkaian pemeriksaan, antara lain pemeriksaan organ intim, USG, dan laparaskopi (operasi minimal invasif) (artikel lengkap tentang endometriosis klik di sini) Mengenai apa yang dialami tante Anda, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter kandungan yang memeriksanya, baik perdarahan akibat miom, endometriosis, dan kehamilan ektopik dapat menyebabkan penurunan hemoglobin atau yang disebut anemia. Demikian, semoga bermanfaat dr. Rico Novyanto