Tanya Dokter

  • Keputihan berkenpanjangan dan keluar darah bercampur lendir setelah pakai IUD

  •  Rizka ainan
    Anggota
    Saya berumur 28th melhrkn sc n memasang iud. Selama 9bln stlh melahirkan sya mengalami keputihan biasa seperti cair lendir(ingus) n bln ini keputihannya bxk n cukup merisaukan yg disertai skt dibwh perut n pinggul sampai kaki slma2 mggu. kemarin saya telah cek ke dr.kandungan ktx rahim n posisi iud baik. Cman hx diksh antiboitik u skt pinggul. Hari ini saya menstruasi yg tlt 8hari. Darah bercampur lendir sprti keputihan.. yg mau sya txkn sya skt apa y dok?? Apa sya tdk cocok dgn pemakaian iud? Apa yg hrus sya lakukn? Terima kasih dok...

    Selamat sore, terima kasih telah bertanya di Alodokter. Kontrasepsi dengan IUD dilakukan dengan memasukkan benda ke dalam rahim wanita untuk mencegah pertemuan sel sperma dan sel telur. Sementara keputihan sendiri adalah salah satu mekanisme normal tubuh untuk mengeluarkan benda asing seperti bakteri, jamur dan lain sebagainya yang mungkin dapat membahayakan tubuh. Sehingga pada kondisi Anda, memang mungkin saja kondisi yang Anda alami adalah infeksi yang disebabkan karena pemasangan IUD, namun harusnya kondisi ini tidak lama.

    Sementara itu, darah bercampur lendir umumnya merupakan hal yang normal, tergantung dari jumlahnya, kekentalannya, dan ada tidaknya aroma tidak sedap dari vagina Anda yang tidak seperti biasanya. Maka dari itu untuk menghindari kesalahpahaman, saran kami bila selama periode haid ini Anda merasa nyeri yang sangat, demam, keluar keputihan yang tidak seperti biasanya atau muncul keluhan lain yang berkaitan dengan organ kewanitaan Anda, sebaiknya Anda memeriksakan diri Anda lagi ke dokter spesialis kandungan karena dikhawatirkan ada proses infeksi yang sedang terjadi. Selain itu sebaiknya Anda menjaga kebersihan area kewanitaan, mengganti celana dalam setiap hari dan membersihkan kemaluan dari arah depan ke belakang. Semoga Anda dan keluarga sehat selalu.

    Sekian, semoga membantu.

    dr. Amadeo D. Basfiansa