Tanya Dokter

  • Mual Muntah disertai Diare

  •  keyle
    Anggota
    Dok sy mau bertanya sdh dari 4 hari yg lalu sy diare, hari senin 2 kali selasa 1 kali trs sy minum diatab 2 tablet stlh diare skrng sdh enak an tp mual muntah nya masi tetap sampe sekarang.itu kenapa ya dok? Sy tidak demam dan tidak lagi hamil.tensi sy rendah 89/61 biasanya sekitaran normal 120/80 an.

    Hallo Sdr. Keyle

    Apakah feses berisi darah dan lendir?

    Diare ditandai dengan encernya tinja yang dikeluarkan dengan frekuensi buang air besar (BAB) yang lebih sering dibandingkan dengan biasanya. Diare dipicu oleh banyak penyebab diantaranya infeksi kuman yang berasal dari makanan atau minuman yang terkontaminasi, factor psikologis, efek samping obat-obatan tertentu, dan konsumsi minuman beralkohol dan kopi yang berlebihan.

    Mual dan muntah dapat merupakan salah satu bagian dari gejala diare. Apabila diare dan muntah dapat meningkatkan risiko terjadinya dehidrasi atau kekurangan cairan dan elektrolit didalam tubuh. Salah satu dari tanda dehidrasi adalah turunnya tensi, disertai lemas, dan peningkatan nadi. Bila dehidrasi terjadi berkelanjutan, hal ini sangat tidak baik bagi tubuh karena dapat menyebabkan syok akibat kekurangan cairan sampai kematian. Selain itu, beberapa gejala diare yang sering menyertai yaitu diare berdarah dan berlendir, demam, nyeri perut, dan lemas.

    Konsumsilah air dan oralit apabila Anda muntah dan diare. Hal ini bertujuan untuk mengganti cairan dan elektrolit yang hilang akibat diare. Hindarilah mengkonsumsi makanan yang berlemak, terlalu asam, dan pedas. Berkonsultasilah ke dokter karena gejala sudah terjadi selama 4 hari untuk mendapatkan terapi lebih lanjut.

    Semoga bermanfaat, terimakasih