Tanya Dokter

  • Kram pada ibu hamil dan multivitamin untuk usia kehamilan 18 minggu

  •  Anieza Fitrah
    Anggota

    Selamat sore,dok.. Saya anieza.. hamil 18 weeks.. Yang sy ingin tanyakan waktu cek ke dokter kandungan 1 minggu yang lalu saya diresepkan obat promavit saja dosis 1 x 1 hari.. (minum saat malam) Apakah promavit saja sudah cukup memenuhi multivitamin janin?? Krn teman minum multivitamin folamil genio dan msih dapat vitamin lainnya sprti cal 95.. Dan kaki saya kadang tiap malam suka kram.. apa itu karena kurang kalsium? Terimakasih banyak

    Hallo Anieza

    Keram yang terjadi pada ibu hamil bisa dipengaruhi karena peningkatan berat badan sehingga akhirnya aliran pembuluh darah, saraf, maupun sendi-sendi mengalami penekanan. Disisi lain kebutuhan vitamin sebenarnya tidak terlalu banyak, sehingga apabila kita mengkonsumsi makanan bergizi seimbang hampir semua kebutuhan vitamin yang diperlukan tubuh dapat tercukupi dengan baik.

    Pemberian suplement vitamin sebaiknya berdasarkan pertimbangan klinis dari dokter, yaitu pada mereka yang memiliki risiko kekurangan vitamin tertentu sehingga dapat menjadi faktor yang dapat menganggu kesehatan atau proses pertumbuhan janin. Dokter Anda tentunya mempunyai pertimbangan berdasarkan hasil pemeriksaan yang telah dilakukan sehingga hanya membebrikan supelement tersebut dalam dosis 1x1. Karena apa yang dialami oleh tubuh Anda berbeda dengan yang dialami oleh teman Anda, sehingga kebutuhan vitamin nya pun berbeda. Kemudian Anieza juga diharapkan untuk kontrol secara berkala ke dokter untuk memantau perkembangan janin agar kesehatan kandungan Anda tetap terjaga dengan baik.

    Beberapa artikel yang dapat Anieza baca adalah 


    Semoga bermanfaat

    dr. Arnold