Tanya Dokter

  • Jerawat banyak bermunculan setelah penggunaan gel nicotinamide

  •  syafiqa_k
    Anggota

    Dok, saya mau tanya. sudah 3 hari saya memakai niacef gel. Kemudian, di dahi saya tadinya hanya ada jerawat kecil biasa, tdk kemerahan juga. lalu stlh saya memakai niacef gel, jerawat di dahi saya justru menjadi bertambah banyak dan kemerahan. Bagaimana ya dok? apakah ini normal?

    Hai syafiqa,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Produk yang Anda sebutkan mengandung komposisi aktif nicotinamide, yakni suatu bentuk vitamin B3 yang bisa digunakan salah satunya untuk mengatasi peradangan akibat jerawat. Meski kandungannya adalah vitamin, obat ini sesungguhnya bukan tergolong sebagai obat bebas, sehingga penggunaannya hanya aman bila dilakukan di bawah pengawasan dokter. Karenanya, perlu diperjelas dulu, atas saran siapa Anda menggunakan obat tersebut? Apakah diresepkan langsung oleh dokter setelah memeriksa Anda secara langsung?

    Munculnya jerawat yang bertambah banyak disertai dengan kulit yang kemerahan bisa terjadi berkaitan dengan penggunaan produk yang Anda sebutkan, namun bisa juga berkaitan dengan sebab lain. Beberapa kemungkinan yang memicu keluhan Anda yakni:

    • Purging (perburukan kulit sementara yang muncul mendahului perbaikan, biasanya terjadi ketika kulit terpajan dengan produk yang mengandung AHA, BHA, retinoid, sulfur, asam salisilat, dan sebagainya)
    • Penggunaan produk perawatan kulit yang tidak tepat, sehingga memicu iritasi atau alergi
    • Perubahan hormonal, biasanya menjelang menstruasi, saat memasuki pubertas
    • Stres
    • Kebersihan diri yang kurang terjaga dengan baik
    • Efek samping obat (contohnya sejenis pil atau suntik KB, dan sebagainya)

    Apabila produk tersebut Anda gunakan tanpa resep dan pengawasan dari dokter, kami sarankan Anda menghentikan dulu penggunaan produk tersebut dan periksakan keluhan Anda langsung ke dokter spesialis kulit. Dengan begitu, dokter bisa mengevaluasi seperti apa penanganan terbaik guna mengatasi keluhan Anda.

    Namun, bila produk tersebut benar diresepkan langsung oleh dokter, maka Anda bisa menggunakannya dulu secara teratur sembari menilai perkembangan keluhan Anda, apakah membaik atau sebaliknya.

    Yang sebaiknya Anda jalani saat ini yakni:

    • Buang stres dan kecemasan Anda yang berlebihan
    • Mandilah dengan teratur dan cuci muka menggunakan sabun pembersih ringan yang cocok dengan tipe kulit Anda
    • Jangan memencet atau mengelupasi jerawat dengan paksa
    • Jangan menggosok-gosok kulit berlebihan
    • Lindungi kulit dari pajanan sinar matahari, contohnya dengan menggunakan tabir surya
    • Lindungi juga kulit Anda agar tidak terpajan polusi
    • Kurangi makan makanan berminyak dan mengandung kolesterol tinggi

    Semoga membantu ya..

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah