Tanya Dokter

  • muncul kutil di bibir

  •  fajariah
    Anggota

    ASsalamualaikum Dokter mau tanya, kenapa ya di bibir saya ada yang tumbuh seperti kutil, sudah hampir 4 bulan tapi tidak sembuh. Saya mengobatinya dengan meminum rebusan daun sirsak, dan juga pil ekstrak kulit manggis. Apakah ini gejala kanker ??

    Hai, Kanker bibir merupakan bagian dari kanker mulut, yaitu pertumbuhan jaringan yang abnormal pada mulut dan sekitarnya (bibir, lidah, gusi, dinding mulut, langit-langit mulut). Gejala kanker mulut di antaranya adalah munculnya benjolan, timbul bercak putih/kemerahan, sariawan yang tak kunjung sembuh, dan lain-lain. Penjelasan selengkapnya dapat dibaca pada artikel berikut: Kanker mulut Namun demikian, tidak semua benjolan yang muncul pada bibir merupakan kanker bibir. Diagnosis kanker bibir tidak dapat dengan serta-merta ditegakkan hanya dengan melihat gejala benjolan yang muncul pada bibir. Benjolan pada bibir dapat diakibatkan oleh berbagai macam kemungkinan penyebab yang lain, di antaranya:

    Beberapa anjuran yang dapat dilakukan:
    • Bersihkan area wajah termasuk bibir dengan sabun khusus wajah yang lembut
    • Menjaga kebersihan rongga mulut dengan menyikat gigi minimal 2 kali sehari
    • Mengatur pola makan sehat
    • Hindari merokok dan minuman beralkohol
    • Hindari memencet atau menekan-nekan benjolan yang timbul
    Untuk memastikan penyebab benjolan yang timbul sebaiknya Anda memeriksakan diri ke Dokter. Diperlukan pemeriksaan secara langsung (tatap muka) oleh Dokter untuk menilai benjolan yang muncul (lokasi, bentuk, ukuran, konsistensi, apakah disertai gejala lain seperti gatal, nyeri dll). Jika diperlukan Dokter akan menganjurkan pemeriksaan penunjang seperti tes darah, biopsi, dan lainnya. Dengan mengetahui penyebabnya maka Dokter akan dapat memberikan penanganan yang tepat sesuai kondisi. Demikian semoga bermanfaat. Salam, dr. Muliani Sukiman