Tanya Dokter

  • Muntah-muntah setelah minum antibiotik

  •  Mela Annisa
    Anggota
    Halo dok, saya kemarin berobat dan dapet obat antibiotik erythromycin stearate sehabis minum itu perut saya melilit sakit sekali bahkan saya sampe muntah berkali kali. Itu kira kira saya kenapa ya dok?
    Mela Annisa  dr. Irvandi
    Dokter

    Halo Mela Annisa,

     

    Eritromisin adalah obat antibiotik yang diberikan untuk mengatasi penyakit yang disebabkan karena adanya kecurigaan terhadap infeksi bakteri. Penggunaan obat eritromisin dilakukan atas peresepan dokter setelah melakukan pemeriksaan terlebih dahulu dengan dokter.

     

    Selain karena efek samping pengobatan menyebabkan rasa mual dan muntah, nyeri perut dan muntah juga dapat disebabkan kareana beberapa kemungkinan diantaranya dispepsia, GERD, rangsangan seperti bau-bauan yang menyengat, atau pada keracunan makanan.

     

    Jaga kebutuhan cairan anda dengan tetap makan dalam porsi kecil namun dengan frekuensi yang diperbanyak dan banyak minum air putih. Makan secara teratur dan untuk sementara waktu hindari makanan yang terlalu pedas atau asam. Istirahat dengan cukup dan hindari pemicu stress berat. Kompres perut yang nyeri dengan air hangat dan minum obat paracetamol untuk meredakan rasa nyeri.

     

    Selain itu, apabila rasa nyeri terus menetap lebih dari 3 hari sebaiknya lakukanlah kontrol dengan dokter pemberi obat pada anda agar dapat dilakukan evaluasi terhadap kondisi anda sehingga dapat diketahui apakah nyeri perut dan muntah disebabkan karena obat eritromisin atau disebabkan karena hal lain.

     

    Semoga informasi ini bermanfaat.

     

    Salam,

     

    dr. Irvandi