Tanya Dokter

  • penyebab nafas bau seperti aseton

  •  Farisa
    Anggota
    Dok, beberapa waktu belakangan saya sering mencium bau seperti aseton dari nafas saya. Aromanya hilang timbul tidak terus menerus ada. Kadang hilang beberapa minggu atau bulan, lalu muncul lagi. Tolong jelaskan kenapa bisa begitu ya dok? Apakah saya sakit?

    Selamat pagi, terima kasih telah bertanya di Alodokter. Aseton merupakan bahan yang dapat ditemui di peluruh cat, kutek, dan bahan pembuat plastik. Namun aseton juga ditemukan dalam jumlah yang wajar pada tubuh manusia.

    Ketika Anda merasakan nafas Anda berbau aseton, berarti ada peningkatan kadar keton dalam tubuh Anda, dan hal ini biasanya dikaitkan dengan:

    • Diabetes
    • Diet keto
    • Konsumsi alkohol

     

    Maka bila Anda merasa tidak pernah mengonsumsi alkohol dan tidak sedang menjalani diet atau mengonsumsi makanan tertentu, saran kami periksakan diri Anda ke dokter untuk dideteksi apakah ada kecenderungan ke arah diabetes, atau mungkin ada kondisi lain yang terjadi pada diri Anda. Sementara itu saran kami kurangi makanan manis, perbanyak minum air, dan perbanyak konsumsi sayur juga buah. Semoga Anda dan keluarga sehat selalu.

    Sekian, semoga membantu.

    dr. Amadeo D. Basfiansa