Tanya Dokter

  • penyebab nyeri perut dan payudara sebelum haid

  • Dok,sy mau tanya.. satu minggu sebelum haid biasanya payudara sy nyeri smpe haid tiba,dan nyeri bagian bawah perut 1 hari sebelum haid tiba,tp kenapa 2 hari sebelum dtg haid bulan ini,nyeri sy udh sangat sakit seperti saat hari H haid,sampai menjalar ke paha dan kaki,tp pas sy berbaring,nyerinya g terlalu,bahkan kdg hilang dan pas bangun jln lg,nyerinya muncul lagi.. Apa penyebabnya itu dok? Mohon jawabannya

    Halo, Zahratul Laili Izzy, terima kasih sudah bertanya pada Alodokter.

                Penyebab nyeri haid atau nyeri perut dan payudara sebelum haid biasanya karena dysmenorrhea atau sindroma pre-menstruasi. Dysmenorrhea dan sindroma pre-menstruasi bisa berhubungan. Hal ini disebabkan oleh kontraksi dinding otot rahim yang menekan pembuluh darah di sekitarnya, sehingga oksigen ke rahim terhambat dan memicu nyeri. Beberapa hal di bawah ini dapat menyebabkan peningkatan rasa nyeri haid:

    1.     Ketidakseimbangan hormone, yang dapat disebabkan oleh: perubahan berat badan yang drastis, kurang olahraga, stress psikologis, kelelahan fisik.

    2.     Gangguan pada organ reproduksi, misalnya ada benjolan di rahim atau di indung telur

    3.     Penyakit radang panggul

    Selain penyebab yang berhubungan dengan haid, penyebab lain nyeri perut bawah juga bisa dijadikan pertimbangan, seperti adanya gangguan pada saluran pencernaan, misalnya usus buntu, konstipasi, infeksi saluran kencing, atau ada regangan otot perut secara tiba-tiba karena aktivitas berlebih.

    Untuk meredakan nyeri, Anda bisa mencoba cara-cara di bawah ini:

    1.     Minum paracetamol atau ibuprofen

    2.     Perbanyak minum air putih

    3.     Mengompres bagian yang nyeri dengan air hangat

    4.     Beristirahat

    5.     Jika BAB tidak lancar, konsumsi makanan kaya serat

    Jika mengalami hal seperti: demam, nyeri yang tidak membaik dengan cara-cara di atas atau masih nyeri setelah menstruasi berakhir, perdarahan mens lebih banyak dari biasanya, keputihan, nyeri saat kencing, sebaiknya segera periksakan ke dokter yaa. DOkter akan melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang yang diperlukan, sperti USG, tes kencing, foto ronsen, tes darah lengkap, dsb.

    Sekian, semoga bermanfaat.

    Salam, dr. Sarah Rizqia.