Tanya Dokter

  • Nyeri di lidah tpi normal

  • Lidah saya nyeri sudah hampir 2 bulan, gejala seperti kesemutan di ujung2 dok, seperti ditusuk2. Saya sudah ke 2 orang dokter spesialis penyakit mulut permukaan lidah ujung samping pangkal tidak ada gejala luka atau lesi alias normal dok. Apa saya harus ke dokter syarat atau penyakit dalam dok? Dokter mendiagnosa saya ada berapa gejala defiensi vitamin B , diabetes, psikomatis, saya sudah mengkonsumsi vitamin B yang awal pangkal lidah saya sakit sekarang sudah tidak merasakan tnggl ujung saja dok.

    Halo Ahmad Reza Indrawan

    Terima kasih sudah bertanya kepada tim alodokter.com

    Gejala nyeri pada lidah memang sering disebabkan oleh beberapa kondisi, diantaranya adalah

    1. Kekurangan vitamin  B12 atau asam folat yang biasanya juga disertai dengan gejala anemia. Gejala anemia pada uumnya meliputi lemah, mudah letih, lesu, hingga perasaan berdebar-debar.

    2. Depresi. Sensasi terbakar pada mulut juga sering dialami para penderita depresi, yang sering dikenal dengan istilah glossydinia.

    3. Infeksi akibat virus ataupun bakteria pada lidah.

    4. Walaupun sangat jarang, kanker apda bagian lidah juga dapat terjadi.

    5. Psikosomatis. Biasanya orang dengan gejala psikosmatis juga mengalami keluhan lain pada bagian tubuh yang berbeda-beda dan sifatnya tidak spesifik.Bila memang dokter gigi ahli penyakit mulut memang memastikan tidak ada lesi ataupun deformitas,  hal ini mungkin memang merupakan bagian dari kondisi psikosomastis.

    Kondisi ini memang sudah tepat Anda konsultasikan dengan dokter gigi yang ahli dalam penyakit mulut. Namun apabila memang ada indikasi kearah anemia yang diakibatkan oleh kekurangan vitamin B12 dan/atau folat, sebaiknya Anda juga melakukan konsultasi ke dokter ahli penyakit dalam, agar dapat dilakukan investigasi secara komprehensif.

     

    Sekian, semoga bermanfaat

    Dr. Siti Rahmayanti